BLOG.FISELLA®

Rabu, 18 Agustus 2021

Pandangan Orang Awam Tentang Sekolah atau Kuliah Musik, Bagaimana Dengan Mu?

Banyak dari teman-teman yang bertanya tentang, sekolah musik itu seperti apa? Mengapa harus kuliah musik? Bagaimana cara untuk masuk ke sana? Bagaimana tingkat kesulitan saat mengikuti tes masuk? Apa saja ujian yang diberi saat mengikuti tes? Apa saja kegiatan dan mata kuliah yang dipelajari? Apakah setiap hari kita bermain musik? Setelah lulus mau jadi apa?

Ada juga pandangan orang awam tentang sekolah musik atau orang-orang yang berakademisi musik yaitu, kuliah sesuai hobi itu enak ya? Enak ya kuliah musik, kuliahnya itu-itu saja! Kuliah musik, setiap hari main musik ya? Enak dong! Atau, anak musik pasti tau menyanyi? Dan masih banyak pertanyaan atau kalimat menyakitkan lainnya. Wkwk…

Dapat disimpulkan bahwa pandangan orang awam tentang sekolah musik atau seorang pemusik yang berakademisi adalah kuliahnya menyenangkan, mahasiswanya pasti bisa bermain segala jenis alat musik dan tau segala hal yang berkaitan dengan musik. Apakah benar adanya?

Disini, kita akan bahas satu persatu.

Sekolah musik di Indonesia sendiri sudah mulai banyak dibuka, dari mulai SMM (Sekolah Menengah Musik), SMK Musik, ISI (Institut Seni Indonesia), dan ada juga jurusan musik yang dibuka pada universitas negeri maupun swasta.


Sekolah musik itu seperti apa?

Sekolah musik, artinya kita belajar segala sesuatu yang berkaitan dengan musik baik teori maupun praktek.

Mengapa harus kuliah musik?

Kuliah musik, jelas berbeda dengan kursus musik. Karena pada dasarnya, tujuan utama dari kursus musik adalah pengembangan dan peningkatan skil. Sedangkan kuliah atau sekolah musik, teori dan praktek berjalan berdampingan. Jadi tidak hanya skil yang diasah, tetapi wawasan juga diperluas.

Apakah sekolah musik, wajib menguasai semua instrumen musik?

Sekolah musik, kita tidak dituntut untuk menguasai semua jenis instrumen musik. Tetapi kita diberi pilihan untuk memilih satu instrumen utama (mayor) yang akan kita dalami dan instrumen pendamping (minor) yang biasanya hanya diberi satu pilihan instrument saja atau bias lebih, tergantung dari kebijakan yang diberlakukan.

Bagaimana cara masuk kesana (sekolah musik)?

Kita memang harus memiliki ilmu dasar sampai menengah dalam bermain sebuah alat musik, yang nantinya menjadi bekal untuk menempuh tujuan sesuai dengan jenjang Pendidikan yang kita inginkan. Misalnya pada tingkat SMA/SMK minimal kita sudah punya dasar dalam memainkan alat musik. Sedangkan saat kuliah, kita dituntut untuk menyetarakan atau melampaui kemampuan bermusik kita sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh perguruan tinggi.


Bagaimana tingkat kesulitan saat tes masuk (sekolah musik)?

Tingkat kesulitan yang diberikan tiap sekolah musik baik itu jenjang sekolah menengah, maupun perguruan tinggi, memiliki standarisasinya masing-masing. Pada tingkat SMA/SMK, biasanya siswa tidak terlalu dituntut untuk memiliki tingkat kemampuan yang tinggi. Sedangkan, pada perguruan tinggi negeri maupun swasta memiliki standar dan pertimbangan yang berbeda-beda di tiap program studinya, misalnya pada jurusan A ingin memiliki mahasiswa yang berkompeten dalam bermusik minimal grade 6, atau memiliki kemauan yang tinggi dengan walaupun kemampuan peserta tes pas-pasan, dan masih ada beberapa standarisasi yang diwajibkan harus dimiliki peserta tes, yang jelas semuanya itu demi kebutuhan dalam memenuhi target untuk membentuk peserta didik sesuai dengan visi misi prodi atau perguruan tinggi tersebut.

Apa saja ujian yang diberikan saat mengikuti tes?

Ujian yang diberikan saat mengikuti tes, terdapat tiga jenis ujian.

  • Yang pertama adalah ujian kompeten yang bertujuan untuk mengukur seberapa tinggi tingkat bermusik peserta tes.
  • Yang kedua adalah ujian solfeggio, yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kepekaan terhadap nada.
  • Yang ketiga adalah wawancara, biasanya wawancara peserta tes dilakukan untuk mengetahui latar belakang, alasan untuk bersekolah musik, dan pengetahuan di bidang musik.

Apa saja kegiatan dan mata kuliah yang dipelajari?

Kegiatan atau UKM (unit kegiatan mahasiswa) yang terdapat di dalam lingkungan musik, yang pasti berhubungan dengan musik seperti UKM Gitar, UKM String, dan lain lain. Yang bertujuan untuk memperluas relasi, menambah pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan kemampuan bermusik di luar perkuliahan.

Sedangkan matakuliah yang kita pelajari adalah pelajaran basic dasar atau lanjutan dari materi yang diberikan di sekolah musik (setara SMA). Misalnya, Sejara Musik, Analisis Bentuk Musik, Teori Musik, Teori Bentuk Musik, Solfeggio, Instrument Utama (mayor), Instrument Pilihan (minor), Kontrapung, Ansambel dan Harmoni dan lain lain.

Apakah setiap hari kita bermain musik?

Dalam pelaksanaan perkuliahan, maksimal seminggu terdapat tiga mata kuliah yang berhubungan dengan praktik bermain musik yaitu instrument mayor, instrumen minor dan ansambel. Tetapi, berlatih adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari dengan jam yang ditentukan.

 
Setelah lulus mau jadi apa?

Pertanyaan ini sudah dijawab teman saya, klik disini 

Sekolah musik itu tidak segampang ataupun serumit yang teman-teman pikirkan, jadi jangan pernah membiarkan ketidaktahuan mu membuat kesimpulannya sendiri.



Sumber Gambar : Dictio.com


 

 

 

 


Selasa, 17 Agustus 2021

W.R Soepratman dan Indonesia Raya


Lagu berbahasa Indonesia pertama diciptakan oleh W.R Soepratman. W.R Soepratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903
di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Walaupun W.R Soepratman lahir di desa itu, tetapi ia tidak tinggal disana. Ayahnya Jumeno Senen yang merupakan seorang tentara KNIL langsung membawanya ke Jatinegara. Jadi, walaupun W.R Soepratman lahir di Desa Somogiri, pada akte kelahirannya ditulis bahwa ia dilahirkan di Jatinegara untuk memudahkan penulisan aktenya.

Senin, 16 Agustus 2021

Sekolah Musik, Mau Jadi Apa?

 


“Sekolah musik, mau jadi apa?”, mungkin bukan pertanyaan yang asing kita dengar. Sebagai mahasiswa musik, saya sering mendengar pertanyaan ini. Ketika saya di bangku SMA, ada seorang teman yang bertanya tentang jurusan apa yang akan saya ambil ketika berkuliah nanti. Setelah saya menjawab akan mengambil jurusan musik, teman saya langsung bertanya, “Nggak mau ambil jurusan lain aja? Yang lebih menjanjikan gitu”. Jika kita dilontarkan pertanyaan semacam ini, jangan buru-buru tersinggung. Mungkin dalam hati kita akan menjawab, “Ini kan passion-ku, lagipula banyak loh pekerjaan di bidang musik”. Faktanya, belum semua orang paham dan mengetahui hal ini. Buat kamu yang belum tahu pekerjaan apa saja di bidang musik,  berikut akan disebutkan.

Sabtu, 14 Agustus 2021

Mengenal Pre-Mixing Audio, Sebuah Konsep untuk Memaksimalkan Proses Mixing Audio

Mengenal Pre-Mixing Audio, Sebuah Konsep untuk Memaksimalkan Proses Mixing Audio

Lagi-lagi saya ngobrolin soal audio mixing, sebuah kegiatan "sakral" yang selalu dibincangkan para musisi. Tidak sedikit musisi yang berpikir bahwa mixing dan mastering merupakan proses yang sangat penting pada karya rekaman mereka, sehingga para musisi berani menghabiskan banyak dana untuk membayar mix engineer agar rekaman musik mereka menjadi lebih baik. Pembahasan soal mixing dan mastering sebelumnya sudah pernah saya bahas pada blog pribadi saya di artikel Pahami Perbedaan Mixing dan Mastering bagi Pemula. Baik kalangan performer, arranger, composer, bahkan guru musik sekalipun pasti pernah mendengar istilah audio mixing.

Jumat, 13 Agustus 2021

Cara Membuat Musik yang Baik untuk Anak

 

Setiap manusia pasti suka mendengarkan musik. Tiap orang punya genre kesukaan nya masing masing, dan tiap genre punya ciri khasnya sendiri. Namun, untuk sebagian besar lagu anak anak, mereka mempunyai ciri ciri yang sama, yaitu banyak pengulangan dan frase pendek. Mungkin dari kalian yang membaca ini sudah mulai penasaran bagaimana membuat musik untuk anak anak. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat musik yang baik untuk anak anak dengan menjabarkan ciri-cirinya. Berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan untuk membuat lagu anak :

Kamis, 12 Agustus 2021

Pengaruh musik terhadap “mood” atau suasana hati manusia.


Tanpa kita sadari, musik yang kita dengar setiap hari bahkan setiap saat dimanapun kita berada ternyata cukup berpengaruh terhadap diri kita, mulai dari pikiran, perasaan dan perbuatan. Pasti kita pernah merasa senang, sedih, atau galau, itulah respon tubuh dari musik yang kita dengar. Musik yang membuat kita merasa senang sangat berpengaruh pada imun tubuh seperti, menghilangkan stres, meningkatkan aliran darah, memacu kemampuan fisik untuk bergerak, dll. Sedangkan, musik yang membuat kita merasa sedih, dan galau membantu melepaskan penat atau beban yang membuat diri kita akhirnya merasa lega.

Rabu, 11 Agustus 2021

Daya Tarik Bahasa Tubuh, Hingga Istilah "Conducterless"

                               Daya Tarik Bahasa Tubuh, Hingga Istilah " Conductorless " - Gita Seisoria - Blog Fisella

Saat berkomunikasi dengan orang baru, kira-kira apa sih hal pertama yang membuat kalian nyaman ngobrol dengan seseorang?, latar belakang keluarganya?, pekerjaannya?, atau bahasa tubuhnya?. Beberapa orang ada yang langsung tertarik hanya dengan senyumnya, cara dia merespon cerita orang lain, atau mungkin tatapannya. Tidak masalah jika kalian menilai seseorang dari apa yang nampak terlebih dahulu. Karena memang visual atau indra penglihatan adalah hal yang paling ketara dan paling cepat membentuk sebuah persepsi pribadi yang didukung dengan indra pendengaran.

Selasa, 10 Agustus 2021

Senin, 09 Agustus 2021

Perfect Pitch, Quasi-absolute Pitch, Relative Pitch. Kamu yang Mana?

 


Berbicara soal nada, tidak lepas kaitannya dengan pitch. Apa itu pitch? Pitch adalah kualitas suara yang diatur dengan jumlah getaran, yang menghasilkan efek tinggi dan rendahnya suatu nada. Sebagai contoh, nada A memiliki 440 Hz, yang berarti dibutuhkan 440 getaran per detiknya untuk menghasilkan nada A. Jika kita menambah getarannya menjadi 493.883 Hz, maka nada yang dihasilkan naik menjadi nada B. Sebagai seorang musisi, wajib bagi kita untuk menguasai kepekaan nada (pitch perception). Ada 3 kategori penguasaan kepekaan nada, yaitu sebagai berikut.

PERFECT PITCH
Perfect pitch (atau absolute pitch) adalah kemampuan seseorang yang bisa mengidentifikasi dan menyanyikan suatu atau beberapa  not dengan tepat, tanpa diberikan referensi not sebelumnya. Sebagai contoh, ketika seseorang diminta untuk menyanyikan nada C secara spontan, maka orang tersebut mampu menyanyikannya dengan tepat. Orang dengan kemampuan ini jarang ditemukan, dan dapat dikatakan bahwa kemampuan ini adalah  suatu gift. Tidak semua orang dikaruniai perfect pitch, tapi kamu bisa melatih diri untuk mengenali dan mengidentifikasi suatu not secara lebih akurat. Beberapa kategori yang mengindikasikan seseorang memiliki kemampuan perfect pitch adalah sebagai berikut.
  •   Mendengar lalu langsung mengenali not tanpa diberi referensi not sebelumnya, sekalipun suara yang dihasilkan dari objek-objek non instrumen (suara klakson mobil, bunyi bell rumah, dsb).
  •  Dapat menyanyikan suatu not/lagu dengan pitch yang tepat, tanpa diberi referensi not sebelumnya.
  • Dapat secara langsung mengetahui nada dasar dari suatu lagu dengan tepat.
  • Dapat menyebutkan satu persatu nama dari beberapa not yang dibunyikan serentak. 
Kelebihan memiliki perfect pitch adalah mampu mengidentifikasi not dengan lebih mudah dan cepat, tanpa bantuan alat atau instrumen sekalipun. Hal ini akan mempermudah proses berlatih, mengetahui suatu lagu dimainkan dalam nada yang benar atau tidak, dan membantu ketika melaraskan nada di instrumen. Di sisi lain, seorang perfect pitch akan sangat mudah terganggu kenyamanannya dengan musik yang tidak dimainkan dalam pitch yang seharusnya.

Sebuah studi tahun 2021 “Absolute pitch: an approach for identification of genetic and nongenetic components” menyebutkan, hasil penelitian terhadap 16 dari 20 orang perfect pitch yang berusia 45 tahun keatas akan mengalami penurunan kemampuan perfect pitch mereka, dimana not akan bergeser semi-tone atau bahkan lebih (disebut pitch shift). Seorang peneliti bernama David Huron mengadakan penelitian untuk mencari tahu, apakah ada seorang perfect pitch berusia 60 tahun keatas yang tidak mengalami pitch shift, dan ternyata hasilnya nihil. Akan tetapi, studi lain pada tahun 2016 “Effects of aging on the absolute pitch judgment and frequency following responses of electroencephalograms”  menyebutkan bahwa tidak ada hubungan antara pitch shift dengan mechanical hearing loss yang kerap terjadi akibat faktor penambahan usia.


QUASI-ABSOLUTE PITCH

Berbeda dari perfect pitch yang mampu mengidentifikasi suatu not secara langsung, quasi-absolute pitch dilakukan dengan cara mengingat satu atau beberapa not sebagai patokan. Quasi-absolute pitch dapat dilakukan oleh setiap orang. Ada 2 cara quasi-abolute pitch bekerja, yaitu sebagai berikut.
  • True pitch/instrument-specific absolute pitch, dimana seseorang familiar dengan timbre nada dari instrumen tertentu dan menggunakannya sebagai patokan. Contohnya, clarinet yang memiliki tone color yang berbeda pada tiap nadanya, sehingga klarinetis akan lebih mudah mengingat nada untuk menjadikannya patokan.
  • Heightened tonal memory (HTM), keadaan disaat kita sangat sering mendengar suatu lagu dan secara tidak langsung kita hafal nada dasarnya dengan tepat, lalu menggunakannya sebagai patokan. Sebagai contoh, kita menggunakan lagu Ardhito Pramono “Fine Today” untuk mengingat nada C, lagu The Beatles “Hey Jude” untuk mengingat nada E, dan seterusnya. Peristiwa ini disebut Levitin Effect.

 

RELATIVE PITCH

Relative pitch adalah kategori terakhir, dimana seseorang mampu mengidentifikasi not dengan tepat setelah diberi referensi not sebelumnya. Dengan satu referensi not saja, seorang relative pitch mampu mengidentifikasi not lain, interval, progresi akor, dan relasinya. Sebagai contoh, setelah seorang relative pitch diberi nada C sebagai referensi, maka ia mampu mencari dan menyanyikan nada F dengan tepat. Jika diperdengarkan progresi akor secara langsung, mereka mungkin tidak mampu menyebutkan nama setiap not dengan benar, tetapi mereka dapat menyebutkan progresinya (contohnya progresi I-V-vi-IV-I). Akan tetapi, jika seorang relative pitch terlebih dahulu diperdengarkan nada C sebagai referensi notnya, mereka mampu mencari dan mengidentifikasi anggota not dari akor. Ada beberapa cara untuk melatih relative pitch, yaitu sebagai berikut.

  • Menyanyikan tangga nada secara berurutan dan kemudian diacak.
  • Membunyikan satu not referensi di instrumen, lalu menyanyikan  nada lain dengan interval satu, dua, tiga, dan seterusnya.
  • Menyanyikan not-not yang merupakan anggota dari suatu akor (broken chord).
  •  Mengingat nada dasar dari suatu lagu yang sering dinyanyikan dan menjadikannya patokan untuk menemukan not lain (menggunakan cara kerja quasi-absolute pitch lalu menerapkannya ke dalam relative pitch).

 

Sekian informasi dan tips yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat buat teman-teman ya!

 

Referensi:

Adam Neely on YouTube – Why you DON’T want Perfect Pitch.

https://www.liveabout.com/what-is-perfect-pitch-723911

edomidas.com


Minggu, 08 Agustus 2021

Harus Lewati 10.000 Jam Dulu, Baru Jago Main Alat Musik

Menurut Malcolm Gladwell di dalam bukunya “Outliners” : “untuk menjadi ahli, seseorang perlu melakukan kegiatan yang ditekuninya itu selama 10.000 jam”, Gladwell mencontohkan Bill Gates sudah coding 10.000 jam sebelum akhirnya melahirkan Microsoft, dan The Beatles sudah manggung 10.000 jam di bar-bar kecil sebelum akhirnya terkenal. Sepuluh ribu jam itu, kalau dikonversi pada kegiatan 5 jam/per hari, maka kita membutuhkan 2 ribu hari. Kalau dijadikan tahun ( seminggu 5 hari, 1 tahun=260  hari), hasilnya adalah 7,7 tahun.

Gimana , dah mau nyerah sekarang? 

No! Jangan down duluan ya,tentu ada yang namanya proses untuk 10.000 jam itu, faktanya ada sebuah riset untuk memulai hal baru ,keahlian baru termasuk bermain alat musik misal gitar , untuk bermain beberapa chord dasar , basic struming, dll, rata rata hanya perlu 20 jam yang konsisten kok, itu sudah sangat bisa untuk mengiringi lagu lebih dari 50 lagu, coba googling “73 Songs You Can Play With The Same For Chord” ada kok daftar lagu hanya dengan 4 chord, dari yang tidak bisa sama sekali, dengan modal kurang lebih 20 jam dan bisa beberapa chord, bisa mengiringi lagu lebih dari 50 lagu,kelihatan keren bukan? Tapi tentu yang dikatakan “Jago”, ahli, dan mungkin seperti pemain musik idola kita, atau menang kompetisi tertentu dan yang pasti tiap orang berbeda beda, tapi pertama tama sebelum ngomongin jago kita harus mau mulai dulu, ingat karena seorang ahli di suatu bidang pasti pernah menjadi seorang amatir di masa awal ia memulainya. 


Sebenarnya hukum 10.000 jam ini tidak serta merta dan banyak faktor dan miskonsepsi di dalamnya seperti yang kita tahu ada faktor bakat juga dalam kesuksesan pemain musik, musikalitas, faktor fisik dan motorik, latihan dengan efektif seperti yang ada di artikel sebelumnya tentang tips tips latihan yang efektif Sudah Latihan Hari ini? , Sudah Rajin Latihan Piano Tapi kok Gini-gini Aja?, dan juga yang tidak kalah pentingnya faktor kesehatan, karena percuma kan kita latihan 8 jam sehari demi mencapai 10.000 jam tapi itu malah membuat cidera dan tidak bisa bermain alat musik dengan baik lagi.


Walaupun tidak tahu derajat kebenaran dari hukum ini, aku suka spiritnya bahwa keberhasilan adalah buah ketekunan dan kerja keras, bukan sebuah hal datang dengan tiba-tiba dan bisa diperoleh secara instan. Bahkan pada orang-orang yang berbakat sekalipun, keahliannya baru akan berkilau setelah diasah dengan proses yang tak sebentar itu.

 


Picture by @alxstls Unpash