Apa Itu Riff and Runs Dalam Vokal? - BLOG.FISELLA®

Kamis, 13 Juli 2023

Apa Itu Riff and Runs Dalam Vokal?

 


Banyak orang berpikir bahwa seseorang yang pandai bernyanyi atau bermain musik adalah orang yang sejak awal memiliki bakat. Padahal, bakat tanpa latihan tentu saja akan hilang dengan sendirinya. Ketika kita belajar musik baik itu instrumen atau vokal pasti tidak pernah terlepas dari latihan teknik. Latihan teknik sangat penting untuk mengembangkan kemampuan dan musikalitas seseorang. Latihan teknik untuk instrumen dan vokal tentu saja berbeda. Salah satu teknik vokal yang kini banyak digunakan penyanyi adalah teknik riff and runs. Teknik ini bisa ditemukan di lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Mariah Carey dan Ziva Magnolya, salah satu penyanyi jebolan Indonesia Idol. Riff and runs merupakan salah satu teknik vokal tersulit sehingga tidak semua penyanyi dapat melakukan teknik ini dengan baik. Lalu, apa itu riff and runs? 

Teknik riff and runs adalah salah satu bentuk ornamen musikal pada lagu. Bisa dikatakan bahwa riffs adalah pola nada yang dinyanyikan secara cepat, sedangkan runs adalah pola nada panjang yang dinyanyikan secara cepat. Dilihat dari definisinya, riff and runs ini terlihat hampir sama namun dalam praktiknya riff and runs ini berbeda. Ketika seorang penyanyi memulai melodi dengan nada yang sangat tinggi dan turun dengan cepat melalui tangga nada ke nada yang sangat rendah dalam waktu beberapa detik saja, dapat dikatakan penyanyi tersebut melakukan teknik runs.  Runs biasanya sudah terencana, Sedangkan riff hanya berupa melodi atau nada pendek dan dilakukan secara spontan. 

Untuk bisa menguasai teknik riff and runs, seseorang tentunya perlu banyak berlatih. Kemampuan ini tidak datang secara instan. Untuk bisa menyanyikan riff and runs dengan lebih baik, maka seseorang perlu mengidentifikasi nada atau pitch yang akan dinyanyikan terlebih dahulu. Teknik riff and runs biasanya menggunakan tangga nada mayor atau minor. Setelah menentukan pitch atau nadanya, kemudian tentukan temponya. Menentukan tempo dapat membuat riff and runs lebih rapi meskipun ada banyak nada yang dinyanyikan. Kemudian, untuk meningkatkan fleksibilitas, mulailah berlatih riff and runs dengan melafalkan “Ng” atau “Mm”. 

Teknik riff and runs memang tergolong sulit untuk dipraktikkan, namun bukan berarti tidak bisa. Untuk kamu yang ingin belajar vokal, join sekarang ke Fisella Music Production dan mulai berlatih dengan mentor profesional yang siap membimbingmu. 

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda