4 Tips Belajar Piano Untuk Pemula - BLOG.FISELLA®

Kamis, 27 Juli 2023

4 Tips Belajar Piano Untuk Pemula


Hingga saat ini, piano masih jadi instrumen “superior” diantara instrumen barat lainnya. Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang antusias belajar piano dibanding dengan instrumen lain. Tak jarang orang mulai belajar piano secara otodidak sampai akhirnya bisa mahir memainkan piano. Di sisi lain, banyak juga yang memilih untuk mengikuti lembaga les musik. Banyak orang memang berminat mempelajari instrumen harmonis ini karena selain “romantis”, instrumen ini juga dapat mengiringi lagu di berbagai acara mulai dari acara resmi sampai acara santai dengan teman-teman.

Bagi pemula, belajar piano bukanlah hal yang mudah. Perlu ketekunan dan konsistensi sampai akhirnya bisa mahir memainkan instrumen ini. Berikut ini 7 tips yang akan membantu kamu untuk belajar piano. Simak penjelasan berikut!

Pertama, mulai pelajari notasi musik dan akor dasar. Meskipun ada banyak orang yang bisa memainkan musik tanpa tahu notasi musik, namun pemahaman tentang hal ini bisa membuat kamu selangkah lebih maju dari mereka. Bagaimanapun, musik akan dituangkan dalam partitur melalui notasi musik. Banyak lagu-lagu yang menarik yang bisa kamu pelajari dengan cara membaca partitur. Kamu juga perlu mengetahui akor dasar dan progresinya. Lagu-lagu pop biasanya memiliki progresi akor yang mirip. Akor yang digunakan pun mirip-mirip. Artinya, apabila kamu memahami penggunaan akor dasar maka kemungkinan jumlah lagu yang dapat kamu mainkan juga akan lebih banyak. 

Kedua, latihan rutin pastinya. Kamu bisa menetapkan jadwal latihan setiap hari. Akan lebih baik jika kamu meluangkan satu jam setiap hari untuk latihan dibanding enam jam namun pada hari minggu saja. Kunci dari latihan rutin adalah konsistensi. Tanpa konsistensi kamu mungkin saja tidak bisa menjalan komitmen latihanmu. 

Ketiga, mulailah dengan lagu sederhana. Apabila kamu belajar piano klasik, kamu bisa mulai dari etude atau lagu pada grade 1. Tapi kalau kamu ingin belajar piano pop, kamu bisa memilih lagu yang mudah misalnya lagu dengan pengulangan akor tertentu, lagu tanpa perpindahan nada dasar, atau lagu yang melodinya sederhana. Kamu juga bisa menggunakan lagu anak-anak sebagai lagu awal untuk belajar piano. 

Keempat, pelajari teori musik dasar. Banyak orang yang menganggap teori musik tidaklah penting. Padahal teori musik sangat penting untuk kamu yang belajar bermain instrumen. Contohnya, untuk bisa mengiringi lagu kamu perlu memahami chord family atau rangkaian akor dalam suatu tangga nada. Tujuannya agar ketika kamu berpindah nada dasar, kamu tidak kebingungan. Banyak sumber yang dapat kamu pakai untuk belajar teori musik. Untuk kamu yang mengikuti lembaga les musik, kamu bisa bertanya pada mentormu. Kamu juga bisa belajar dari buku, internet, youtube, dan sebagainya. 

Pada akhirnya setelah semua yang kamu lakukan, kamu perlu menikmati proses belajar. Jangan terburu-buru karena skill musik perlu diasah dan dibentuk. Belajar musik tidak sama seperti mengerjakan satu soal matematika. Perlu proses lama bahkan bertahun-tahun untuk menguasai satu jenis instrumen. Tapi bukan berarti mustahil untuk belajar alat musik. Apabila kamu sudah punya minat, kamu juga bisa meminta dukungan dari mentor yang profesional. Untuk kamu yang memang ingin belajar musik, kamu bisa bergabung dengan Fisella Music Course. Disini kamu akan belajar bersama mentor-mentor terbaik yang siap membimbingmu. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda