Jenis Suara Alto yang Perlu Kamu Tahu! - BLOG.FISELLA®

Kamis, 03 Agustus 2023

Jenis Suara Alto yang Perlu Kamu Tahu!


Seringkali kita mendengar bahwa dalam paduan suara, suara laki-laki dibedakan menjadi tenor, baritone, dan bass sedangkan suara perempuan dibedakan menjadi sopran, mezzo sopran, dan alto. Dari klasifikasi tersebut, sebetulnya suara manusia masih dapat dikelompokkan menjadi lebih spesifik lagi. Pengelompokkan ini tentunya masih dalam ranah musik.

Contohnya suara alto. Suara alto dikenal dengan suara rendah wanita, namun ada juga laki-laki yang memiliki suara alto. Apabila laki-laki dapat menyanyikan range suara alto, maka ia disebut counter tenor. Suara alto memiliki warna lebih gelap dibanding suara sopran dan mezzo sopran. Suara alto biasanya memiliki rentang vokal menengah yakni dari F3 (nada F di bawah middle C) sampai E5 (nada E di atas middle C). Kemampuan menjangkau nada pasti berbeda-beda di setiap orang tergantung beberapa faktor seperti latihan vokal, teknik pernyanyi, kualitas vokal, usia, dan sebagainya. 

Suara alto memiliki beberapa jenis, diantaranya alto kontralto, alto coloratura, dan alto dramatik. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut!

Pertama, Alto Kontralto. Alto Kontralto merupakan jenis suara alto yang range vokalnya paling rendah dari semua jenis suara. Alto ini memiliki suara yang dalam dan resonan. Suara alto kontralto biasanya lebih berat dan bervolume apabila dibandingkan dengan jenis alto lain. Kontralto biasanya memiliki range diantara tenor dan mezzo sopran. 

Kedua, Alto Coloratura. Alto Coloratura merupakan jenis suara alto yang memiliki teknik vokal coloratura. Dapat dikatakan, teknik coloratura adalah teknik suara dimana suara wanita dapat berpindah nada dengan amat cepat. Lagu dengan teknik ini banyak ditemukan dalam berbagai kara opera Italia pada abad ke-18 dan awal abad ke-19. 

Ketiga, Alto Dramatik. Alto dramatik adalah jenis suara alto yang memiliki kekuatan dan intensitas dalam pertunjukan opera. Alto dramatik mampu membawakan peran yang membutuhkan vokal yang dramatis. 

Pembagian suara menjadi sopran, alto, tenor, baritone, bass memang terdapat dalam ranah vokal klasik. Pembagian suara seperti ini biasanya ditemukan di paduan suara dan opera. Jarang sekali ditemukan pertimbangan jenis suara dalam lagu-lagu pop modern alias semua jenis suara dapat menyanyikan lagu-lagu pop modern. 

Untuk kamu yang ingin mendalami vokal klasik, jangan ragu untuk bergabung di Fisella Music Course. Kamu akan dibimbing oleh mentor terbaik dan tentunya sudah berpengalaman. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda