4 Tips Merawat Pianomu di Rumah - BLOG.FISELLA®

Kamis, 10 Agustus 2023

4 Tips Merawat Pianomu di Rumah



Setiap instrumen musik perlu dirawat agar tetap dalam kondisi “fit” ketika dimainkan, khususnya instrumen musik akustik seperti piano, gitar, biola, dan sebagainya. Instrumen musik akustik mengandalkan bagian instrumen itu sendiri dalam mengeluarkan suara. Oleh karena itu, instrumen musik akustik perlu dirawat dengan baik. 

 Merawat instrumen akustik memang perlu kesabaran dan ketelitian. Untuk kamu yang memiliki piano, kamu pun perlu merawat pianomu. Piano yang tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan nada tuts berubah-ubah ketika dimainkan. Ada beberapa tips yang dapat kamu pakai untuk merawat piano akustikmu di rumah. Simak penjelasan berikut!

Pertama, perhatikan dimana kamu meletakkan pianomu. Sebisa mungkin tempatkan piano di ruangan dengan suhu dan kelembaban yang stabil. Hindari menempatkan piano di dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini tentu akan mempengaruhi body pianomu. Kamu juga perlu menjaga kelembaban udara di sekitar piano. 

Kedua, bersihkan piano secara teratur. Kamu bisa membersihkan permukaan piano dengan kain yang sedikit dibasahi untuk menghilangkan debu yang menempel. Namun jangan sekali-kali menggunakan bahan kimia yang keras untuk membersihkan pianomu karena dapat merusak lapisan piano. 

Ketiga, kamu bisa melakukan penyetelan secara rutin. Suara piano akustik dihasilkan dari senar-senar dan hammer yang ada di dalam piano. Agar suara pianomu tidak berubah, penting untuk melakukan penyetelan oleh teknisi piano. Pilihlah teknisi piano yang sudah berpengalaman. Penyetelah piano ini dapat dilakukan setiap enam bulan atau bila ada perubahan yang signifikan pada lingkungan sekitar piano. Namun jangan pernah mencoba menyetel pianomu secara mandiri kalau kamu tidak berpengalaman karena hal itu justru dapat merusak pianomu. 

Keempat, hindari makan atau minum di dekat piano. Hal ini tentu saja untuk menghindari tumpahan makanan atau minuman ke piano. Tumpahan makanan atau minuman mungkin saja dapat merusak bagian mekanis. Kamu juga perlu menghindari menempatkan barang-barang berat di atas piano agar tidak terjadi kerusakan fisik. Kamu juga bisa menggunakan penutup piano untuk melindungi pianomu dari debu dan kotoran. 

Kamu perlu merawat pianomu karena keberadaan instrumen akan sangat berguna untuk kamu yang ingin belajar bemain instrumen musik. Jangan lupa juga pilih mentor terbaik untuk mendampingi proses belajarmu!


Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda