6 Tips Memilih Guru Les Musik yang Tepat Untuk Kamu! - BLOG.FISELLA®

Kamis, 31 Agustus 2023

6 Tips Memilih Guru Les Musik yang Tepat Untuk Kamu!

 

Bagi orang-orang yang ingin mulai belajar musik, memilih guru les nyatanya tidaklah mudah. Apalagi bagi orang tua yang ingin memilih guru les bagi anaknya. Berbagai pertimbangan mulai dari biaya hingga gender pasti menjadi perhatian bagi para orang tua. Selain itu kapasitas sang guru juga pasti menjadi pertimbangan utama bagi siapapun yang ingin les musik. Artikel kali ini akan membahas 7 tips  yang bisa kamu gunakan sebelum kamu memilih guru les musik yang tepat buat kamu. Yuk simak tips berikut ini!


Tentukan Dulu Tujuan Belajarmu

Sebagian orang yang menganggap musik hanya sebagai hiburan belaka.Tapi ada juga yang ingin serius berkarir di bidang musik. Nah, dua tujuan ini tentunya akan membutuhkan treatment yang berbeda juga dalam belajar musik. Tujuan belajarmu akan menentukan kebutuhanmu selanjutnya. Kalau kamu ingin belajar musik sebagai hiburan, kamu bisa memilih genre musik yang kamu sukai. Namun, kalau kamu ingin serius berkarir di bidang musik, tentu saja keterampilan teknik, genre musik, juga perlu dipertimbangkan. Mungkin saja kamu harus mulai dari level paling rendah dan mempelajari teori-teori lain agar bisa berkarir di bidang musik.


Cari Referensi dan Ulasan

Kamu mungkin tidak punya teman atau rekan yang bekerja di bidang musik. Tapi jangan khawatir, dengan adanya internet kamu bisa mencari referensi guru yang bisa membimbingmu. Kamu juga bisa melihat lembaga-lembaga les musik melalui internet. Namun akan lebih baik kalau kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari teman yang sama-sama belajar musik.


Pertimbangkan Pengalaman Guru

Kamu dapat mempertimbangkan latar belakang pendidikan calon gurumu, bisa juga melalui pengalaman bermusik. Apabila calon guru yang kamu inginkan berasal dari kampus musik, maka kamu tidak perlu khawatir karena selain pendidikan mereka pun mendapatkan pengalaman bermusik. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu mendapat guru yang merupakan praktisi musik. Calon gurumu mungkin tidak pernah belajar musik secara formal, namun ia memiliki banyak pengalaman bermusik. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan hal pengalaman guru dengan baik agar kamu mendapat guru yang berkualitas juga.


Komunikasi dan Kepribadian

Masing-masing orang punya gaya belajar yang unik. Oleh karena itu kamu juga perlu menemukan guru yang dapat membimbingmu sesuai dengan gaya belajarmu. Kalau kamu mudah bosan maka carilah guru yang cenderung santai tapi serius. Hindari guru yang terlalu kaku karena justru akan menghambat proses belajarmu. Pastikan gaya mengajar guru sesuai dengan preferensimu. Kamu juga dapat melakukan pertemuan awal atau percobaan sesi untuk mencari tahu apakah calon gurumu cocok dengan gaya belajarmu.


Biaya Les

Sebelum memulai les, kamu perlu menentukan anggaran lebih dulu. Setelah itu, carilah guru yang sesuai dengan anggaranmu. Namun jangan membuat anggaran yang terlalu murah. Kamu juga harus mempertimbangkan kualitas pengajaran yang dihasilkan. Sebisa mungkin buatlah anggaran yang menunjukan penghargaanmu pada guru sehingga baik kamu maupun gurumu sama-sama mendapatkan hal yang bermanfaat.


Fleksibilitas Jadwal

Kamu perlu memastikan calon gurumu dapat mengakomodasi waktu yang sesuai untuk kamu. Kamu juga bisa mencari guru yang fleksibel apabila kamu sendiri memiliki jadwal yang padat.

Untuk kamu yang ingin mulai belajar musik tapi masih bingung cari mentor, gabung aja ke Fisella Music Course. Di sini kamu bisa belajar musik bareng mentor terpercaya dan tentunya berkualitas.

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda