4 Tips Mengatasi Rasa Bosan Saat Belajar Musik - BLOG.FISELLA®

Kamis, 07 September 2023

4 Tips Mengatasi Rasa Bosan Saat Belajar Musik


Tantangan terbesar ketika belajar musik adalah rasa bosan. Seringkali seseorang merasa bosan karena harus mengulang-ulang bahan pembelajaran yang sama ditambah dengan latihan teknik yang juga harus dipraktikkan setiap hari. Sayangnya, ketika orang menyudahi latihannya karena bosan maka akan sulit untuk mengembalikan kembali semangat belajar musik. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari rasa bosan ketika belajar musik. Simak penjelasan berikut!


Tetapkan tujuan yang jelas

Teknik apa yang ingin kamu pelajari, atau repertoar apa yang ingin kamu mainkan hari ini? Sebelum latihan, buatlah tujuan yang jelas dan tentunya realistis. Hindari membuat tujuan yang tidak realistis karena ketika kamu tidak bisa mencapai tujuanmu maka kamu justru akan merasa gagal, tidak semangat, dan tidak mau berlatih lagi. 


Jadwalkan istirahat

Kamu mungkin tidak akan bisa fokus ketika harus belajar musik selama dua jam secara terus-menerus. Oleh karena itu kamu butuh waktu istirahat. Kamu mungkin bisa menerapkan teknik pomodoro dalam latihanmu yakni setiap 25 menit latihan, kamu bisa istirahat selama 5 menit. Waktu istirahat ini bisa kamu gunakan untuk aktivitas lain sekaligus mengembalikan mood dan semangat latihanmu.


Variasikan materi belajar

Untuk kamu yang sedang tidak menghadapi ujian kompetensi atau kenaikan grade, kamu bisa memvariasikan materi belajarmu. Kamu mungkin bisa mencoba memainkan genre musik lain atau mengeskplorasi lagu yang sama namun dengan teknik lainnya. Hal ini akan menciptakan rasa ingin tahu dan tentunya membuatmu semakin semangat dalam belajar.


Cari inspirasi

Inspirasi bisa datang darimana saja. Kamu bisa mendapatkan inspirasi ketika menonton youtube, menonton konser, mendengarkan playlist favoritmu, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar rumahmu. Inspirasi dapat menghidupkan kembali semangatmu untuk belajar musik. 

Selalu ingat bahwa belajar musik bukanlah hal yang instan. Belajar musik adalah proses, jadi membutuhkan waktu, konsistensi, dan kesabaran. Jika rasa bosan mulai menyerang, carilah motivasi baru. Yang terpenting, jangan pernah berhenti belajar. 


Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda