3 Jenis Notasi yang Dipakai Dalam Musik - BLOG.FISELLA®

Kamis, 14 September 2023

3 Jenis Notasi yang Dipakai Dalam Musik


Notasi musik adalah bagian yang perlu dipelajari bagi siapapun yang ingin belajar musik. Oleh karena unsur utama musik ialah bunyi, maka bunyi tersebut perlu dituliskan dalam lambang-lambang tertentu agar dapat dimengerti oleh orang lain dan dipraktikkan di kemudian hari. Ada berbagai macam notasi musik yang digunakan. Biasanya, musik barat menggunakan notasi balok sedangkan musik tradisional menggunakan notasi angka. Pengetahuan akan notasi musik sangat penting baik bagi akademisi maupun praktisi musik. Artikel ini akan memaparkan beberapa notasi musik yang kini dipakai. Simak penjelasan berikut!


Notasi angka

Notasi angka sangat populer di Indonesia. Bagi yang belum lancar membaca not balok, biasanya akan lebih senang apabila diberi notasi angka. Notasi angka adalah penulisan nada menggunakan angka 1 hingga 7. Selain itu ada juga garis yang menyatakan harga sebuah nada dan garis birama untuk menandakan birama. Notasi angka biasanya lebih dulu diperkenalkan kepada anak kecil daripada notasi balok. Hal ini disebabkan menurut sebagian orang, notasi angka lebih mudah dibanding notasi balok. Notasi angka banyak dipakai dalam musik tradisi seperti gamelan. 


Notasi balok

Menguasai notasi balok adalah hal wajib bagi orang-orang yang mempelajari musik barat. Repertoar-repertoar klasik bisanya ditulis dlama notasi balok. Hingga saat ini, notasi ini masih sangat populer. Bahkan komposer musik genre lain biasanya juga menuliskan karyanya dalam notasi balok agar dapat dimainkan di seluruh dunia. Meskipun bernama notasi balok, nyatanya nada-nada dituliskan dalam bentuk bulatan kecil bertangkai yang dapat berwarna hitam maupun putih. Dalam notasi balok juga terdapat simbol-simbol lain misalnya tanda istirahat. 


Notasi Tabulasi 

Notasi Tabulasi sering disebut tablature notation. Notasi adalah sistem notasi yang digunkaan untuk instrumen seperti gitar, bass, ukulele, dan sejenisnya. Dalam notasi ini, angka, huruf, dan garis digunakan untuk menunjukkan posisi jari pada senar dan fret. Garis menunjukkan senar, sedangkan angka atau huruf digunakan untuk menunjukkan posisi jari yang harus ditekan pada fret yang spesifik. 

Notasi lain yang pernah dipakai adalah notasi neum. Notasi ini merupakan elemen dasar dari notasi musik Barat dan Timur. Namun saat ini, notasi musik tersebut jarang bahkan hampir tidak digunakan lagi. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda