Susahnya Belajar Biola - BLOG.FISELLA®

Kamis, 28 September 2023

Susahnya Belajar Biola


Biola merupakan salah satu instrumen yang cukup menantang untuk dipelajari. Banyak orang bahkan berpedapat bahwa mempelajari violin lebih sulit daripada belajar gitar. Bukan tanpa sebab, dari segi posisi tubuh dan bentuk fisik instrumen, biola memang sangat berbeda dengan gitar. Kira-kira apa saja kesulitan yang menantang untuk pemain biola pemula? Yuk simak artikel berikut!

1. Tidak ada fret

Berbeda dengan gitar, biola tidak memiliki fret walaupun sama-sama stringed instrumen atau instrumen dengan senar. Seorang pemain biola harus mampu menekan senar pada posisi yang tepat untuk menghasilkan nada yang diinginkan. Hal ini tentu sangat menantang bagi pemain biola pemula karena harus membiasakan jari-jari pada posisi tertentu agar suara yang dikeluarkan tidak sumbang. Salah posisi sedikit saja maka nada yang dihasilkan tidak akan pas. Seringkali mentor akan membantu dengan menempelkan penanda pada fingerboard untuk membantu para pemula menemukan posisi yang tepat. 

2. Posisi tubuh

Hal lain yang menantang dari mempelajari biola adalah posisi tubuhnya. Banyak orang menganggap bahwa biola akan ditopang oleh tangan kiri padahal yang membuat posisi biola stabil adalah dagu. Selain itu dalam memainkan biola perlu ada koordinasi antar tangan kanan, pergelangan tangan, dan jari-jari tangan kiri. Ini tentu bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu untuk menguasainya. 

3. Menggesek senar dengan bow

Setelah tidak adanya fret dan fungsi dagu yang sangat penting, hal menantang lainnya saat belajar biola adalah bagaimana menggesek senar dengan bow. Setiap senar dalam biola dipasang dengan ketinggian yang berbeda namun perbedaannya sangat tipis. Pemain biola harus bisa menentukan arah bow-nya agar bow tidak menggesek senar lain yang tidak diinginkan. Hal ini sengat menantang bagi para pemula. Para pemain harus bisa menggesek senar dengan benar sebelum mulai mempelajari lagu. 

Selain tiga hal tersebut, masih banyak hal menantang lainnya ketika belajar biola karena permainan biola juga memiliki macam-macam teknik untuk menghasilkan suara yang berbeda. Lalu apakah biola bisa dipelajari secara otodidak? Semua instrumen dapat dipelajari secara otodidak, namun akan lebih baik apabila ada mentor yang mendampingi sehingga pembelajaran lebih terarah dan tentunya ada partner untuk berdiskusi. 

Untuk kamu yang ingin belajar biola, kamu bisa bergabung dalam Fisella Music Course. Di sini, kamu akan dibimbing oleh mentor profesional yang pastinya akan membuat proses belajarmu lebih menyenangkan. Kamu nggak perlu pergi kemanapun karena mentor yang akan datang ke rumahmu. Tunggu apalagi, gabung ke Fisella sekarang. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda