Piano Vs Gitar, Pilih yang Mana? - BLOG.FISELLA®

Kamis, 05 Oktober 2023

Piano Vs Gitar, Pilih yang Mana?


Piano dan gitar adalah dua instrumen yang cukup populer di masyarakat. Hal ini kemungkinan terjadi karena dua instrumen inilah yang paling sering digunakan untuk mengiringi lagu. Piano dan gitar memiliki banyak perbedaan baik dari segi fisik maupun teknik. Banyak orang memilih bermain gitar karena harga instrumen ini relatif murah apabila dibandingkan dengan piano. Namun, perbedaan kedua instrumen ini tidak berhenti di harga saja. Berikut ini beberapa perbedaan piano dan gitar. Simak artikel ini ya!

1. Partitur

Apabila Anda ingin belajar piano atau gitar klasik maka Anda akan menemukan perbedaan penulisan notasi dari kedua instrumen tersebut. Dalam piano, notasi dituliskan dalam bentuk dua staff atau disebut juga grand staff. Staff atas biasanya menggunakan treble clef dan merujuk pada permainan tangan kanan sedangkan staff bawah biasanya menggunakan bass clef dan merujuk pada permainan tangan kiri. Namun bisa juga tangan kiri memainkan nada-nada yang ditulis pada staff atas. Pada gitar klasik, penulisan notasi hanya menggunakan satu staff saja dengan treble clef, sehingga untuk melodi, bass, dna iringan ditulis dalam staff yang sama. Bagi pemula ini akan sangat membingungkan namun dengan latihan rutin maka pemain gitar akan terbiasa. Selain itu pada partitur piano klasik, setiap not menunjukkan tuts mana yang harus ditekan dengan jelas. Berbeda dengan gitar. Pemain gitar harus tahu not tersebut ada pada oktaf berapa lalu memutuskan senar dan bagian fret mana yang harus ditekan, sehingga untuk satu not pada gitar klasik dapat dimainkan dalam posisi tangan yang berbeda-beda. 

2. Tabulasi

Saat belajar gitar, terdapat notasi chord atau tabulasi. Tabulasi ini berbentuk angka dan huruf. Penggunaan tabulasi bisa sangat membantu pemain gitar yang tidak ingin belajar not balok. Sayangnya, piano tidak memiliki penulisan tabulasi seperti dalam gitar. 

3. Memainkan tangga nada

Pada piano, tangga nada bisa dimainkan dengan jari-jari secara berurutan namun pada gitar, memainkan tangga nada melibatkan perpindahan jari, fret, dan juga senar. Selain itu, dalam bermain gitar jari-jari tangan kiri harus bisa menekan senar dengan kuat agar bisa menghasilkan bunyi yang diinginkan. Bagi pemula, hal ini biasanya menjadi kendala karena menyebabkan rasa sakit pada ujung jari tangan. Namun apabila berlatih secara rutin maka pemain gitar akan terbiasa. 

4. Mobilitas

Banyak orang memilih belajar gitar karena gitar mudah dibawa kemanapun. Gitar juga memiliki banyak ukuran sehingga Anda bisa memilih gitar dengan ukuran kecil agar bisa dibawa dalam perjalanan. Meskipun begitu, gitar juga lebih rawan rusak. Usahakan agar gitar tidak terjatuh atau terkena benda keras lainnya, karena apabila body gitar retak atau pecah maka suara gitar akan menjadi sumbang. Berbeda dengan piano, instrumen ini lebih sulit dibawa dalam perjalanan karena ukurannya yang cukup besar. 


Gitar dan piano memiliki banyak perbedaan, namun dua-duanya begitu asyik untuk dimainkan. Baik belajar piano maupun gitar sama-sama membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Jangan ragu untuk pilih instrumenmu sekarang dan bergabung dengan kami di Fisella Music Course! 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda