W.R Soepratman dan Indonesia Raya - BLOG.FISELLA®

Selasa, 17 Agustus 2021

W.R Soepratman dan Indonesia Raya


Lagu berbahasa Indonesia pertama diciptakan oleh W.R Soepratman. W.R Soepratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903
di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Walaupun W.R Soepratman lahir di desa itu, tetapi ia tidak tinggal disana. Ayahnya Jumeno Senen yang merupakan seorang tentara KNIL langsung membawanya ke Jatinegara. Jadi, walaupun W.R Soepratman lahir di Desa Somogiri, pada akte kelahirannya ditulis bahwa ia dilahirkan di Jatinegara untuk memudahkan penulisan aktenya.

W.R Soepratman memulai pendidikannya di Makasar pada umur 4 tahun dan tinggal bersama kakaknya Rukiyem. Karir W.R Soepratman dalam bermusik bermula saat kakak iparnya W.M Van Eldick memberikannya biola saat ulang tahunnya yang ke-17 dan mendirikan grup band jazz bernama Black  and White.

W.R Soepratman memulai karirnya saat ia pindah dari Makasar ke Bandung dan menjadi seorang wartawan untuk surat kabar Kaoem Moeda pada tahun 1924. Setahun Kemudian ia pindah ke Jakarta dan menjadi wartawan untuk surat kabar Sin Po dan mulai rajin menghadiri rapat-rapat organisasi pemuda dan rapat-rapat partai politik dan saat itu juga ia berkenalan dengan tokoh-tokoh pergerakan.

 

Indonesia Raya

Lagu berbahasa Indonesia pertama adalah lagu Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R Soepratman. W.R Soepratman awalnya mengikuti tantangan dari redaksi sebuah majalah untuk menciptakan lagu kebangsaan pada tahun 1924. Lagu Indonesia Raya sudah direkam pada tahun 1927 oleh sahabatnya Yo Kim Tjan yang mempunyai toko rekaman NV Populair dan diperdengarkan perdana pada Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dengan hanya menggunakan instrumen biola saja.

 Belanda cemas karena tersebarnya piringan hitan lagu Indonesia Raya versi keroncong. Selain itu, lagu Indonesia Raya juga disebarkan oleh surat kabar Sin Po edisi November 1928. W.R Soepratman meminta Yo Kim Tjan menyelamatkan master lagu Indonesia Raya dan akhirnya dibawa dan diselamatkan oleh keluarga Yo Kim Tjan agar tidak dimusnahkan oleh pihak Belanda.

Pada tahun 1950, Seorang komposer Belanda bernama Jos Cleber mengaransemen lagu Indonesia Raya untuk orchestra atas permintaan kepala Radio Republik Indonesia (RRI) studio Jakarta, Jusuf Ronodipuro. Setelah sekian lama dari Orde Lama ke Orde Baru tidak ada perubahan dalam kualitas rekaman, akhirnya pada tahun 1998 bertepatan dengan kerusuhan Mei dilakukan perekaman ulang yang dikonduktori oleh Addie M.S dan dimainkan oleh Twilite Orchestra dan Victorian Philharmonic Orchestradi Melbourne, Australia. Perekaman didanai oleh presiden direktur perusahaan multimedia Yasawira Tama Cipta setelah dibujuk oleh Addie M.S. Meskipun direkam ulang oleh Addie M.S, lagu Indonesia Raya yang kita dengarkan sekarang ini merupakan aransemen asli dari Jos Cleber. Karena, telah ada Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 1958 yang menyatakan lagu Indonesia Raya tidak boleh diaransemen ulang. 

Fakta menarik dibalik lagu Indonesia Raya adalah lagu Indonesia Raya merupakan lagu berbahasa Indonesia pertama. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat hari kemerdekaan Indonesia. Merdeka!

Sumber gambar : Tribun wiki - Editor : Peter de Vries

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda