Penyebab Senar Gitar Cepat Berkarat, Cegah Karat Pada Gitar dengan Cara Ini - BLOG.FISELLA®

Senin, 03 Oktober 2022

Penyebab Senar Gitar Cepat Berkarat, Cegah Karat Pada Gitar dengan Cara Ini

Senar gitar menjadi hal yang paling krusial di dalam dunia gitar. Namun hal yang penting ini tidak dapat terhindar dari masalah juga. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada senar gitar adalah senar yang berkarat. 

Munculnya korosi atau yang sering disebut karat disebabkan oleh adanya reaksi antara oksigen, hidrogen dan perpindahan elektron. Dalam kasus senar gitar, yang menyebabkan munculnya karat ialah adanya reaksi kontak langsung antara oksigen, air dan logam. Semakin banyak kandungan oksigen dan air akan semakin mempercepat terjadinya karat pada logam. Singkatnya faktor utama penyebab karat pada senar gitar ialah kelembapan. Karat memang pasti akan terjadi pada senar, namun jika kita memahami apa saja penyebab senar bisa berkarat, kita bisa menunda kemunculan karat pada senar kita dan membuat senar kita menjadi lebih awet dan tahan lama. Nah, berikut ini adalah hal – hal yang bisa membuat senar mu semakin awet dan menunda munculnya karat pada senar mu:


Hindari tempat yang lembab untuk menyimpan gitar

Seperti pembahasan diatas, kondisi yang lembab akan menyebabkan senar kita jadi lebih cepat berkarat. Alangkah lebih baiknya jika kita menyimpan gitar kita di tempat yang cenderung kering. Kita bisa menempatkan gitar kita di dalam softcase atau hardcase. Namun pastikan juga bahwa case Anda tidak lembab. Untuk amannya, kita bisa menjemur case kita dibawah terik mata hari secara berkala untuk mengkondisikan agar case gitar kita tetap dalam keadaan yang kering. Hal lainnya, kita juga bisa menaruh silica gel, baik di dalam gitar maupun di dalam case gitar kita untuk mengurangi tingkat kelembapan gitar. Baca juga: Silica Gel, Benda Kecil Untuk Menjaga Kelembapan Gitarmu


Pemilihan senar yang baik

Menyimpan gitar di tempat yang benar tetap tidak membuat senar mu awet? Mungkin ada yang salah dengan senar mu. Sebaiknya kita membeli senar yang original di toko musik yang terpercaya. Senar original dengan merk ternama memang cenderung memiliki harga yang lebih mahal, namun menurut Saya hal itu memang worth it mengingat kualitas senar yang jauh lebih baik dibandingkan senar – senar palsu yang beredar dengan harga yang sangat murah. Anda bahkan bisa membeli coated string yang di klaim memiliki senar yang berlapis bahan anti karat.


Lakukan perawatan yang benar

Bila sudah melakukan langkah – langkah diatas, sebaiknya dilengkapi dengan perawatan senar gitar yang baik. Perawatan senar bisa dilakukan minimal dengan lap senar kita setelah bermain gitar, hal ini dilakukan untuk mengeringkan keringat yang berasal dari tangan yang menempel pada senar. Hal kedua bisa dilakukan dengan membersihkan senar kita dengan string cleaner (tentu saja dengan produk original dan merk yang terpercaya) secara berkala. hal yang harus dihindari adalah membersihkan dengan air atau minyak kayu putih, karena hal ini justru membuat senar kita menjadi basah dan tetap lembab walaupun sudah di lap menggunakan kain. Baca juga:  Minyak Kayu Putih Dan Suara Gitar Nyaring?

Semoga artikel ini dapat membuat senar gitar Anda menjadi lebih awet dan terhindar dari karat. Bila ada hal yang ingin disampaikan mengenai bahasan ini bisa disampaikan di kolom komentar.

Sumber Gambar: pixabay.com

Author: Christophorus Widi Nugraha

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda