Mengenal Musik dan Gitar Flamenco - BLOG.FISELLA®

Jumat, 21 Oktober 2022

Mengenal Musik dan Gitar Flamenco



Beragam pertunjukan musik di dunia menggunakan gitar yang mungkin jarang kita ketahui. Tiap – tiap negara yang mempunyai tradisi musiknya masing – masing seperti musik tango dari Argentina, samba di Brasil, dan reggae di Jamaika. Nah, artikel kali ini akan membahas salah satu pertunjukan dari benua Eropa, tepatnya di Andalusia bagian selatan dari negara Spanyol, yaitu pertunjukan perpaduan tarian dan musik yang dikenal sebagai flamenco. Mari kita simak penjelasan berikut ini mengenai flamenco dan keterkaitannya dengan instrumen gitar.

Flamenco adalah sebuah pertunjukan perpaduan antara musik dan tari, kesenian ini berkembang di Andalusia pada abad ke-14. Flamenco pada awalnya dibawa dari India pada abad ke-14 sebagai tarian Istana Moor kemudian di kembangkan di Andalusia oleh kaum gipsi (gitanos atau flamencos). Di Andalusia kesenian ini dikembangkan di kalangan masyarakat, lagu lagu flamenco sendiri banyak yang mengisahkan perjuangan, harapan, dan kesulitan hidup masyarakat selama ini. Flamenco sendiri sudah diakui sebagai Karya Seni Warisan Lisan Tak Benda pada 16 November 2010 oleh UNESCO.


Tarian flamenco pada awalnya hanya di iringi oleh tepukan tangan (toque de palmas). Namun seiring perkembangan zaman, pada abad ke -19 iringan tarian flamenco mulai menggunakan gitar akustik, dan pada jaman modern yang sekarang ini alat musik lainnya, seperti perkusi hingga instrumen tiup juga digunakan sebagai musik pengiring. Pada saat ini, musik flamenco kerap dipadukan dengan elemen musik pop, jazz dan latin. 


Jika dilihat sekilas, gitar yang digunakan untuk mengiringi tarian flamenco terlihat sama dengan gitar klasik pada umumnya. Namun sebenarnya gitar flamenco dibuat dengan teknik yang berbeda dan di design untuk mendapatkan tone yang lebih bright dibanding dengan gitar klasik pada umumnya. Bahan kayu yang dipakai gitar flamenco biasanya menggunakan kayu spruce atau cypress. Karena kebutuhan musik plamenco yang sering menggunakan pukulan ataupun ketukan pada body gitar, maka gitar flamenco dilengkapi dengan golpeador untuk melindungi gitar dari pukulan / ketukan perkusif yang dilakukan oleh pemainnya.


Demikian penjelasan mengenai musik dan gitar flamenco menurut pengetahuan dan referensi penulis. Jika ada hal yang kurang tepat dalam artikel ini, maupun ada referensi lain yang ini disampaikan, dipersilahkan untuk menulis di kolom komentar.

Sumber gambar: pixabay.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda