Misteri Komposer Romance d'Amour - BLOG.FISELLA®

Jumat, 21 Oktober 2022

Misteri Komposer Romance d'Amour


Repertoar Romance atau sering juga disebut Romanza, Romance de Amor, Spanish Romance, Romance de Espana, dan masih banyak lagi sebutan lainnya adalah sebuah karya lagu untuk gitar klasik yang sampai saat ini belum bisa diketahui siapa penulis / komposernya. Bagi musisi klasik, terutama ber-instrumen gitar klasik pasti sudah tidak asing lagi mendengar judul romance, karena karya ini adalah karya yang simpel namun sangat indah didengar.


Lagu yang sampai saat ini asal-usul dan kepengarangannya masih dipertanyakan, diperkirakan lahir pada abad ke-19 di Spanyol. Kata Anonimo (anonim) dari nama komposer telah dimasukkan selama bertahun-tahun karena ketidakpastian ini. Banyak nya rumor dan konspirasi tentang penulis karya ini sampai saat ini ada banyak, diantaranya: penulis karya tidak melakukan klaim, adanya keinginan komposer untuk menghindari biaya hak cipta, hingga adanya keinginan perusahaan penerbit untuk mengklaim hak cipta yang menguntungkan dari karya terkenal di dunia ini.


Bukti kepopuleran lagu ini, lagu ini pernah menjadi soundtrack pada film Jeux Interdits (Forbidden Games) yang disutradarai oleh Rene Clement. Film ini diangkat dari sebuah novel karya Francois Boyer. Pada film ini Romance d’Amour dipakai sebagai pengisi musik pada adegan – adegan sedih. Selain pada film ini, Romance d’Amour ini juga dipakai sebagai theme song pada beberapa film lainnya salah satunya adalah serial TV Korea yang berjudul Endless Love (Autumn in My Heart). Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama di Korea dengan jalan cerita cinta segitiga. Lagi – lagi Romance d’Amour dalam film ini mampu membawa perasaan penonton untuk ikut terharu atas jalannya cerita dalam film ini. 


Sampai saat ini masih banyak pihak – pihak yang mencoba mencari tahu siapakah sosok pembuat karya yang indah ini. Tak sedikit juga yang tidak ingin mencari tahu dan memperjuangkan agar karya ini menjadi sebuah “karya massal” yang tidak terikat dengan hukum hak cipta yang terkadang terkesan “merepotkan”. 


Rasanya tidak akan ada habisnya jika membicarakan karya ini dan cukup sampai disini saja yang dapat penulis sampaikan  mengenai karya ini. Jika ada ketidaksetujuan atau Anda mempunyai teori – teori tentang karya ini, sangat dipersilahkan untuk menulisnya di kolom komentar.


Sumber Gambar: pixabay.com

Author: Christophorus W.N.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda