Mengenal Frederic Chopin Lebih Dalam - BLOG.FISELLA®

Jumat, 21 Oktober 2022

Mengenal Frederic Chopin Lebih Dalam



Frédéric François Chopin adalah komponis sekaligua pianis virtuoso berkebangsaan Polandia di era musik Romantik. Chopin lahir pada 1 Maret 1810 di Zelazola Wola, sebuah daerah di Polandia. Ayah dari Chopin, Nicholas Chopin berasal dari negara Perancis yang berprofesi sebagai guru Bahasa Perancis yang juga seorang pemain biola dan flute. Sedangkan ibunya, Tekla Justyna Kryzanowka adalah seorang pianis yang handal berkebangsaan Polandia.


Chopin pertama kali belajar instrumen piano bersama ibunya, sedangkan pengajar piano professional pertamanya adalah wanita berkebangsaan Ceko bernama Wojciech Zywny. Pada usianya yang ke 7 tahun, ia memulai konsernya di ruang publik. Pada tahun 1817, Chopin mulai menulis karya 2 Polonaises in G minor dan Bes Mayor. Lalu Chopin menulis lagi karya Polonaise in As Mayor pada tahun 1821. Polonaise in As Mayor ini ditujukan dan didedikasikan Chopin untuk guru pianonya, Zywny.


Pada tahun 1829, Chopin memutuskan untuk pergi ke Wina dan Berlin. Di Wina, Chopin melaksanakan 2 konsernya yang bisa dikatakan sukses, dimana ia memainkan variasi dari La Ci Darem La Mano karya W.A. Mozart. Chopin saat itu berteman baik dengan Franz Liszt, seorang komposer asal Hungaria. Dari pertemanan itu, Chopin membawa pengaruh baik bagi musik – musik yang dibuat Liszt.


Semasa hidupnya, Chopin berhasil membuat banyak karya musik, diantaranya: etude – etude, mazurka, polonaise, impromptu, konserto, prelude, dan mungkin yang sering terdengar pada saat ini adalah nocturne. Tepatnya Nocturne Op 9 No 2, karena karya ini seringkali diputar di media dan menjadi beberapa soundtrack pada film dan acara – acara TV, seperti The Simpsons, serial Hannibal, The Five Year Engagement dan masih banyak lagi. Bahkan band musik ternama Muse menggunakan lagu ini sebagai outro dari lagunya yang berjudul United States of Eurasia.


Di masa akhir hidupnya, Chopin mengidap penyakit tuberkolosis dan batuk yang kronis. Namun, walaupun di kondisinya yang tidak prima, Chopin tetap berusaha untuk menyelesaikan 24 Prelude Op 28 miliknya. Hingga akhirnya Chopin wafat pada 17 Oktober 1849 di Paris, Perancis.

Sumber Gambar: pixabay.com

Author: Christophorus Widi Nugraha

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda