Audio Sample Gamelan (Demung) Diatonis & FPC Presets FL Studio - BLOG.FISELLA®

Jumat, 21 Oktober 2022

Audio Sample Gamelan (Demung) Diatonis & FPC Presets FL Studio

 


Menurut Wikipedia Demung adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan. Dalam satu set gamelan biasanya terdapat 2 demung, keduanya memiliki versi pelog dan slendro. Demung menghasilkan nada dengan oktaf terendah dalam keluarga balungan, dengan ukuran fisik yang lebih besar. Demung memiliki wilahan yang relatif lebih tipis namun lebih lebar daripada wilahan saron, sehingga nada yang dihasilkannya lebih rendah. Tabuh demung biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu, lebih besar dan lebih berat daripada tabuh saron.

Tim Fisella Music Production sering sekali mendapatkan proyek pembuatan musik baik untuk keperluan jingle maupun original song yang membutuhkan suara gamelan, khususnya Demung untuk mengisi fill etnis pada lagu. Karena kebutuhan musik modern menggunakan tangga nada mayor diatonis, sample audio dari Demung yang kami miliki sengaja kami tuning ke susunan nada diatonis.


Cara menambahkan Kit FPC Gamelan Demung di FL Studio :
  1. Download audio sample gamelan
  2. Download Kit gamelan FPC 1 dan Kit gamelan FPC 2
  3. Pindahkan folder "Gamelan" audio sample kendang ke :C:\Program Files\Image-Line\FL Studio 20\Data\Patches\Scores\FPC drumloops
  4. Pindahkan Kit Gamelan FPC ke : C:\Program Files\Image-Line\FL Studio 20\Data\Patches\Plugin presets\Generators\FPC

Catatan : Sampel ini bukan buatan Fisella Musik, ini adalah sample gamelan dari internet. Fisella Music tidak pernah menyediakan aplikasi atau software bajakan (cracked), kami hanya menyediakan software dan sample freeware atau preset yang kami buat sendiri.

Pengen Belajar Music Production?

FL Studio Course


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda