Mengenal Lute dan Vihuela, Nenek Moyang Gitar - BLOG.FISELLA®

Minggu, 25 September 2022

Mengenal Lute dan Vihuela, Nenek Moyang Gitar


Banyak sumber mengatakan bahwa asal usul gitar berasal dari alat musik berdawai lain di masa sebelumnya, diantaranya adalah lute dan vihuela. Lantas alat musik seperti apakah lute dan vihuela itu? Mari kenali 2 alat musik tersebut dari artikel berikut ini.

Instrumen Lute

Menurut Willi Apel di dalam Harvard Dictionary of Music (Second Edition, Revised and Enlarged), lute adalah “a plucked stringed instrument with a round body in the shape of a halved pear, a flat neck with 7 or more frets, and a separate pegbox set perpendicular to the neck” yang berarti lute adalah alat musik petik yang bentuknya mirip dengan buah pir yang dibelah menjadi 2 bagian, mempunyai 7 fret atau lebih dalam neck nya yang datar, dan pegbox terpisah yang dipasang tegak lurus dengan neck. Lute dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan nama kecapi. Cara memainkan alat musik ini kurang lebih sama dengan gitar, tangan kiri  untuk menekan senar pada neck sedangkan tangan kanan untuk memetik senar. Alat musik berdawai 6 pada abad ke-16 ini biasanya memakai tuning G-c-f-a-d’-g’ atau A-d-g-b-e’-a’. Baca juga: Mengapa E-A-D-G-B-E menjadi “Standart Tuning” gitar?. Gambar di bawah adalah instrumen lute :



Instrumen Vilhuela

Menurut Willi Apel di dalam Harvard Dictionary of Music (Second Edition, Revised and Enlarged), vihuela adalah “early name for various stringed instrument”. Vihuela juga alat musik asal Spanyol yang digunakan pada sekitar abad ke-15 dan 16. Vihuela ini bentuknya mirip dengan gitar tetapi sistem tuning dari vihuela ini mirip dengan lute dan notasinya mirip dengan tablature lute Italy. Gambar di bawah adalah instrumen vilhuela :



Tidak heran jika kedua alat musik ini dianggap sebagai nenek moyang dan asal usul dari gitar karena banyak hal yang cocok dengan gitar pada masa ini. Baca juga: Gitar Klasik, Bagaimana Awal Mulanya?. Sekiranya artikel ini dapat menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan Anda dalam musik terutama dalam mengenal instrument lute dan vihuela. Jika ada hal yang kurang tepat atau ada yang ingin disanggah dipersilahkan untuk mengisi di kolom komentar agara bisa menjadi tinjauan dan referensi bersama.

Referensi: Harvard Dictionary of Music, Second Edition, Revised and Enlarged by Willi Apel.

Sumber Gambar: merdeka.com, en.wikipedia.org

Author: Christophorus W.N., Reviewer : Peter de Vries


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda