Neck Gitar Bengkok? Ini Penyebab dan Solusinya - BLOG.FISELLA

Jumat, 23 September 2022

Neck Gitar Bengkok? Ini Penyebab dan Solusinya



Pemilik gitar yang sayang dengan gitarnya pasti sangat takut jika lama kelamaan gitarnya bengkok. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengapa gitar bisa bengkok, apa penyebabnya, tips untuk menghindari neck (bagian leher) gitar bengkok, dan bagaimana solusi jika neck gitar mulai bengkok. 

Neck pada gitar adalah bagian yang penting karena disitulah tangan kiri harus bermain (kanan untuk pemain “kidal”). Banyak faktor yang bisa menyebabkan neck gitar kita menjadi bengkok diantaranya adalah sebagai berikut: 

Jenis kayu pada neck gitar yang kurang baik 

Jenis kayu pada neck gitar sangat berpengaruh bagi ketahanan neck terhadap kebengkokan. Kualitas kayu yang baik dapat menahan agar gitar kita tidak bengkok dengan baik, tetapi tidak dapat dipungkiri juga kualitas kayu yang baik dapat bengkok dikarenakan perawatan dan pemakaian gitar yang tidak baik. Maka dari itu kualitas kayu juga harus diimbangi dengan pemahaman akan perawatan dan pemakaian gitar yang baik juga. Informasi seputar pemilihan kayu yang baik akan disampaikan di artikel mendatang. 

Ukuran senar terlalu besar / memakai senar high tension 

Sering terjadi pada pemula yang hanya melihat merk senar tanpa mempertimbangkan ukuran dan jenis ketegangan senarnya. Padahal selain merk yang bagus kita juga harus mengerti kapasitas neck gitar kita untuk menahan senar. Bukan berarti salah jika kita memakai senar high tension ataupun senar yang berukuran besar. Kita bebas memakai senar apapun yang kita suka, tetapi kita juga harus mengerti batasan kemampuan kayu pada neck kita.

Kebiasaan menaruh gitar yang salah

Sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang yang tidak mengerti bagaimana harus menaruh gitarnya dengan benar, yaitu menyandarkan gitar di tembok. Hal ini masih menjadi perdebatan, namun rasanya pandangan ini cukup masuk akal. Jika kita terlalu lama dan terlalu sering menyandarkan gitar dengan posisi ujung bawah body gitar dan ujung headstock sebagai tumpuan, maka lama kelamaan gitar bisa menjadi bengkok karena terjadi tekanan pada tumpuan gitar kita akibat gaya gravitasi. Hal ini bisa kita hidari dengan menaruh gitar kita pada stand gitar ataupun hardcase

Melonggarkan senar jika gitar tidak dipakai dalam waktu lama 

Jika gitar sedang tidak dipakai dalam waktu yang lama, sebaiknya longgarkan senar gitar untuk mengurangi tekanan/tarikan pada headstock dan bridge yang bisa membuat neck gitar bengkok. 

Solusi terakhir jika gitar sudah terlanjur bengkok sebaiknya segera dibawa ke bengkel gitar, tempat servis gitar, maupun pengerajin gitar terdekat yang sudah ahli di bidangnya, kalian juga bisa membaca artikel Cara Meluruskan Neck Gitar Bengkok dan Mengatur Truss Rod untuk Mengatasi Neck Gitar yang Melengkung untuk mengatasi neck gitar yang sudah terlanjur bengkok. Semoga artikel ini dapat membantu kalian para pemilik gitar untuk mencegah kebengkokan pada gitar. Jika teman-teman ada yang memiliki sudut pandang atau referensi yang lain dipersilahkan untuk menulis di kolom komentar.

Sumber gambar: pixabay.com, Author: Christophorus W.N., Reviewer & Editor : Peter de Vries

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda