Silica Gel, Benda Kecil Untuk Menjaga Kelembapan Gitarmu - BLOG.FISELLA®

Selasa, 06 September 2022

Silica Gel, Benda Kecil Untuk Menjaga Kelembapan Gitarmu


Silica gel yang biasanya terdapat di kardus sepatu, apakah baik untuk gitar? Gimana caranya? Apa fungsinya? Mari kita simak pembahasan berikut untuk mengetahuinya!

Silica gel adalah sebuah kantung kecil yang berisi butiran-butiran bening yang terbuat dari natrium silikat. Meskipun bernama "gel" tetapi silica gel ini memiliki tekstur yang keras dan jika dilihat menggunakan mikroskop. Silica gel ini memiliki banyak pori-pori yang berfungsi untuk menyerap kelembapan. Maka dari itu kita sering menemukan silica gel pada sepatu baru, kardus barang elektronik, hingga di dalam kardus gitar dan soft case gitar baru.

Seringkali terdapat kasus suara gitar yang "mendem" padahal sudah dirawat dengan baik. Pergantian senar pun tidak memberikan pengaruh yang banyak. Bisa jadi, suara gitar yang "mendem" tersebut disebabkan oleh tingkat kelembapan kayu gitar yang tinggi. Maka dari itu silica gel yang kita temui di case atau kardus gitar baru sebaiknya jangan dibuang. Karena silica gel tersebut bisa kita manfaatkan untuk menjaga kelembapan kayu pada gitar. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan atau dihindari untuk menjaga kelembapan gitar kita:

  • Memasukkan silica gel ke dalam body gitar Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan kayu bagian dalam pada body gitar sehingga suara yang keluar dari sound hole lebih enak didengar.
  • Menaruh silica gel di dalam case tempat kita menyimpan gitarberfungsi untuk menjaga kelembapan ruang dalam case, kayu bagian luar pada gitar dan menjaga senar agar tidak mudah berkarat.
  • Hindari pembersihan gitar menggunakan minyak kayu putih (Baca Juga Minyak Kayu Putih Dan Suara Gitar Nyaring?) dan cairan pembersih lain secara berlebih : efek pengguunaa cairan pembersih secara berlebih dengan tidak diimbangi penggunaan silica gel bisa menyebabkan kayu pada gitar memiliki tingkat kelembapan yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar menurun.
  • Selalu lap bekas keringat setelah bermain gitar : Saat kita bermain gitar, tanpa disadari tubuh dan tangan kita menempelkan keringat pada gitar. Keringat yang menempel pada body dan senar gitar dapat menyebabkan kayu gitar menjadi lembab dan cikal bakal senar berkarat. Maka, baiknya kita menyediakan kain lap khusus seperti kain micro fiber untuk membersihkan bekas keringat kita pada gitar setelah bermain gitar.

Demikian pembahasan tentang bagaimana silica gel dapat berpengaruh baik bagi gitar. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merawat gitar Anda dengan baik.


 

Sumber gambar : Pixabay, Editor : Peter de Vries

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda