Kapok Menjemur Biola, Ternyata... - BLOG.FISELLA®

Kamis, 05 Agustus 2021

Kapok Menjemur Biola, Ternyata...

Kapok Menjemur Biola, Ternyata... - Gita Seisoria - Blog Fisella
                                                       

Panas yang dihasilkan oleh sinar matahari memang memiliki beberapa manfaat yang bahkan sangat membantu dimasa pandemi seperti ini. Dengan berjemur, kabarnya dapat menambah Vitamin D serta membantu sel-sel kekebalan tubuh lebih aktif melawan benda asing yang masuk ke tubuh termasuk virus corona ( dilansir dari kompas.com ) . Saya sempat terlintas apakah benar panas yang dihasilkan oleh sinar matahari juga memberikan manfaat bagi biola saya. Karena saya sempat mendengar tips tersebut dengan menyarankan menjemur biola dengan rutin.

Namun saya masih ragu apakah benar sinar matahari akan memberikan efek yang baik bagi biola? saya pun semakin penasaran karena terdapat asumsi lain bahwa hal tersebut bisa membantu mengurangi tingkat kelembapan biola agar terhindar dari bakteri dan jamur dalam kayu. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa menjemur biola memberikan efek terhadap suara yang dihasilkan nantinya. Saya pun mencoba untuk menjemur biola saya beberapa waktu yang lalu. Dengan percaya diri saya jemur biola di dalam ruangan yang terkena sinar matahari pagi selama kurang lebih 15 menit. Sayangnya saya terlambat double-check informasi tersebut. Berdasarkan beberapa sumber yang saya dapatkan setelah itu, asumsi tersebut ternyata belum terbukti kebenarannya. Apalagi sampai berpengaruh ke produksi suara biola.

Inilah beberapa pernyataan yang bisa saya rangkum tentang efek panas sinar matahari terhadap biola kalian :

  • Sinar matahari secara langsung tidak baik untuk lapisan kayu biola. Jika biola yang kalian sudah dua sampai tiga tahun usia penggunaan, menjemur biola terlalu sering justru mengakibatkan lapisan biola atau cat pada kayu biola mengelupas.
  • Terlalu lama terkena paparan sinar matahari justru merusak lem perekat biola. Poin kedua ini memang benar adanya karena saya sudah mengalami sendiri bagian samping dari body biola saya sedikit terbuka dan membuat saya sedikit was-was saat menggunakannya ( lihat gambar di bawah ) .

Kapok Menjemur Biola, Ternyata... - Gita Seisoria - Blog Fisella
 ( koleksi pribadi penulis )

  • Menjemur biola akan sesuai dengan kebutuhan jika biola masih dalam kondisi “basah” atau baru. Ketika biola masih basah baik dari lem kayu atau lapisan catnya menjemur biola merupakan salah satu cara para pengrajin untuk mengeringkan bahan-bahan yang mereka gunakan. Itupun tidak lewat dari jam – jam tertentu agar tidak terkena panas berlebihan atau sekedar digantung dekat jendela yang terpapar sinar matahari tidak langsung alias diangin-anginkan saja.
  • Biola yang terlalu lama di dalam case tidak perlu terburu-buru dijemur. Dikarenakan biola cukup diletakkan di ruang terbuka dengan suhu ruangan. Tidak perlu dijemur sampai lebih dari 15 menit meskipun dengan sinar matahari pagi. Kecuali teman-teman hanya ingin menjemur case biolanya saja. Hal tersebut dapat membantu lapisan beludru case tetap terjaga kebersihan dan kelembapannya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat teman-teman ya.

Sumber Gambar : Unsplash @josepmolina

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda