Mengenal Ambient Music- Musik yang memiliki segudang manfaat. - BLOG.FISELLA®

Jumat, 06 Agustus 2021

Mengenal Ambient Music- Musik yang memiliki segudang manfaat.

 


Apakah kalian pernah mendengar lagu untuk relaksasi di Youtube? Kalau pernah, mungkin kalian sudah tidak asing dengan kata Ambient Music. Ambient music adalah musik instrumental yang sangat berbeda dari musik kebanyakan. Namun, ambient music ini memiliki banyak manfaat, antara lain : untuk mengurangi stress dan kecemasan, meningkatkan kinerja, fokus dan fungsi otak, meningkatkan produktivitas dan suasana hati, dan bahkan bisa mengatasi insomnia. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan lebih jauh mengenai ambient music.

Definisi Ambient Music adalah bentuk musik instrumental yang menonjolkan tekstur, nada, suasana hati, dan suasana. Pada awalnya, seorang musisi Inggris, perancang suara dan konseptualis ,Brian Eno yang pertama kali secara resmi menciptakan frasa "ambien". Dalam karya 1978nya yang berjudul Ambient 1: Music For Airports, ia mendefinisikannya sebagai musik yang "dirancang untuk menimbulkan ketenangan dan ruang untuk berpikir". Namun ,awal mula musik ini pada tahun 1960an-1970an.

Ambient music mempunyai ciri ciri antara lain:

  •        Terdapat penekanan pada atmosfer dan tekstur.
  •          Eksplorasi timbre secara bertahap: Musik ambient tetap ada pada nada dan akord untuk jangka waktu yang lama. Pemusik membuat variasi dengan menggeser timbre suara, baik dengan memasukkan instrumen baru atau dengan menerapkan filter ke suara elektronik.
  •          Minim progresi harmonik: Musik ini menonjolkan akord sederhana atau bahkan nada tunggal saat membangun suasana keseluruhan.
  •          Melodi yang tidak ditekankan: Musik ambient tidak dikenal karena melodinya, namun lebih dikenal karena suasana hati dan soundscapes. Ini membuatnya berbeda dari Muzak, yang membawakan lagu-lagu melodi yang terdengar halus.
  •        Ruang untuk improvisasi: Musik ambient live memiliki aspek improvisasi saat produser dan DJ bereksperimen dengan tekstur sonik. Improvisasi mereka agak dibatasi oleh fakta bahwa sebagian besar musik ambient tidak memiliki melodi yang berbeda atau perubahan akord yang konsisten.

Nah itu adalah beberapa penjelasan mengenai Ambient Music. Sekian, semoga bermanfaat.



Sumber :

https://www.masterclass.com/articles/ambient-music-guide#5-characteristics-of-ambient-music

http://ambientmusicguide.com/history-of-ambient/

Gambar : Pexels User :Jess Loiterton

Bagikan artikel ini

1 komentar