Cara Mudah Melatih Jari Tangan Kiri untuk Bermain Gitar! - BLOG.FISELLA®

Senin, 08 Februari 2021

Cara Mudah Melatih Jari Tangan Kiri untuk Bermain Gitar!

Cara Mudah Melatih Jari Tangan Kiri untuk Bermain Gitar! - Jelang Bagaskara - Blog Fisella


Jika dalam artikel yang lalu telah membahas rahasia bermain gitar dengan petikan, pada artikel ini saya akan membahas cara melatih jari tangan kiri. Pasti beberapa dari kalian ada yang bertanya-tanya, bagaimana sih caranya melatih tangan kiri biar bisa akurat menekan senar? Atau bagaimana sih caranya biar bisa main cepet? Dan masih banyak lagi tentunya. Nah, jangan terlalu terburu-buru dulu untuk bisa mencapai target itu. Kalian perlu proses dari hal-hal yang dasar atau bahkan bisa dibilang sepele dan latihan yang membosankan. Namun dari semua itu pasti ada manfaatnya, yang terpenting adalah kalian harus bersabar dalam melatihnya dan menjalani proses-proses pedih itu.

Ini dia Basic Latihan Jari Tangan Kiri untuk Pemula!

  • Pertama-tama, letakkan jari telunjuk di fret 1 (kolom 1) senar 6.
  • Kedua, lanjutkan pada fret 2 dengan menggunakan jari tengah.
  • Ketiga, lanjutkan pada fret 3 dengan menggunakan jari manis.
  • Keempat, lanjutkan pada fret 4 dengan menggunakan jari kelingking.
  • Kelima, kembali ke fret 3 menggunakan jari manis, teruskan ke fret 2 menggunakan jari tengah, dan akhiri dengan jari telunjuk pada fret 1.

Dan yang terakhir, lakukan latihan ini dengan melanjutkannya ke bawah menggunakan senar 5, 4, 3, 2 dan 1 kemudian kembali ke atas lagi seperti posisi semula. Lakukan latihan ini berulang kali dengan perlahan dan tingkatkan kecepatan sedikit demi sedikit untuk hasil yang maksimal.

Cukup mudah bukan? Begitulah pondasi untuk melatih jari tangan kirimu.

Catatan: Latihan ini dapat memperkuat otot jari tangan kirimu dan meningkatkan keluwesan. Beristirahatlah jika jarimu merasa perih dan lelah, kemudian lanjutkan lagi ketika sudah siap. Semua gitaris pasti pernah merasakan perihnya jari-jari ketika latihan, maka jangan berputus asa, karena itu adalah bagian dari proses untuk menjadi seorang gitaris handal! SemangArt!!


Butuh Bimbingan Belajar Musik?

Memilih dan Mengenal Gitar Akustik - Jelang Bagaskara - Blog Fisella

Picture Source: thisisclassicalguitar.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda