Ratatouille, Mengapa Soundtracknya Mudah Diingat? - BLOG.FISELLA

Selasa, 09 Februari 2021

Ratatouille, Mengapa Soundtracknya Mudah Diingat?

 


Salah satu hal yang mungkin akan diingat setelah menonton film adalah musik pada film tersebut. Tidak jarang, melodi dari sebuah film akan terus terngiang di telinga penonton. Salah satu contoh musik film yang terkenal dan mudah diingat adalah musik dari film Ratatouille. Ratatouille merupakan salah satu film animasi dari Disney Pixar yang ditayangkan pada tahun 2007. Film ini bercerita mengenai seekor tikus bernama Rémy yang ingin menjadi seorang chef. Bagi keluarga Rémy, hal itu mustahil karena ia merupakan hewan pengerat. Namun impian tersebut mulai terealisasi ketika ia bertemu dengan seorang chef amatir yang tidak bisa memasak. Chef amatir tersebut bernama Linguini, yang merupakan anak dari pemilik restoran ternama yakni Auguste Gusteau.

Dari keseluruhan lagu/soundtrack di film ini, ada 24 lagu dari original yang dibuat oleh sang komposer, yaitu Michael Giacchino. Dari 24 karya ini, terdapat satu soundtrack yang mungkin sering anda dengarkan, bahkan akan menjadi hal pertama yang diingat ketika mendengar tentang film Ratatouille yakni Ratatouille Main Theme Sayangnya, tidak banyak orang mengetahui judul dan mengapa lagu ini sangat berkesan dan mudah di hafal.


Mengapa lagu ini sangat memorable?

1. Pemilihan instrumen yang cocok dengan latar tempat film, yaitu di Paris, Perancis. 

Di lagu ini sang komposer menggunakan instrumen gitar dan piano untuk bagian pertama. Lalu untuk bagian kedua sang komposer menggunakan full orkestra, namun melodi didominasi oleh strings section. Ada juga tambahan instrumen yang membuat lagu ini sangat cocok dengan latar di Paris, yaitu akordeon. Pada awalnya, akordeon merupakan instrumen musik yang umum digunakan pada momen-momen perayaan tertentu di Eropa. Penggunaan akordeon inilah yang memberikan kesan “Eropa” pada film ini sehingga latar tempatnya dapat tergambar dengan jelas

2. Pemilihan melodi yang mirip dengan lagu utamanya, Le Festin.

Dalam satu film ini sebenarnya hanya ada satu tema utama yang berasal dari lagu Le Festin yang dinyanyikan oleh Camille. Beberapa soundtrack lainnya merupakan hasil dari pengembangan tema utama. Teknik pengembangan tersebut dapat dilakukan dengan cara perubahan instrumentasi dan bentuk lagu oleh sang komposer agar cocok dengan durasi dan mood dari tiap-tiap scene dalam film ini.

Soundtrack film memang salah satu bagian penting dalam film. Selain perannya dalam menegaskan mood, soundtrack film juga dapat memberi kesan tertentu pada film sehingga penonton dapat mengingatnya dengan mudah. 

Bagi anda yang tertarik untuk membuat soundtrack maupun lagu, kami menyediakan jasa pembuatan original song. Untuk keterangan lebih lanjut: ORIGINAL SONG FISELLA

        


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda