Rahasia Bermain Gitar dengan Petikan - BLOG.FISELLA®

Senin, 01 Februari 2021

Rahasia Bermain Gitar dengan Petikan

Rahasia Bermain Gitar dengan Petikan - Jelang Bagaskara - Blog Fisella

Bagi kalian yang pemula mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana cara bermain gitar dengan petikan. Perlu kalian ketahui bahwa bermain dengan cara seperti itu perlu proses yang cukup memakan waktu dan tidak bisa instan begitu saja. Maka dari itu diperlukan sebuah komitmen yang harus kalian pegang erat-erat sebelum memulai untuk mempelajarinya. Tidak hanya sebuah komitmen, kesabaran yang tinggi dan tidak tergesa-gesa saat berlatih, serta ketekunan juga sangat diperlukan. Menurut saya, ketiga hal tersebut perlu kalian jadikan sebagai fondasi. Berikut saya akan kupas secara singkat rahasianya.

Begini Cara Latihan Memetik Senar pada Gitar!

Persiapan posisi jari tangan kanan:

Jari jempol berada di senar 6

Jari telunjuk berada di senar 3

Jari tengah berada di senar 2

Jari manis berada di senar 1

Berikutnya, saya akan menjelaskan teknik petikan dasar. Petikan terbagi menjadi dua teknik yaitu petikan Tirando dan Apoyando.

Tirando adalah petikan yang tidak bersandar di senar atasnya. Biasa digunakan untuk bermain akord atau iringan. Untuk cara melatihnya dengan memetik kearah telapak tangan dengan posisi jari tangan kanan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Apoyando adalah petikan yang bersandar di senar atasnya. Biasa digunakan untuk memainkan melodi utama. Untuk cara melatihnya dengan memetik satu senar secara bergantian antara jari telunjuk dengan jari tengah, jari telunjuk dengan jari manis, dan jari tengah dengan jari manis.

Latihan ini berdasarkan teknik bermain gitar klasik, karena teknik-teknik pada gitar klasik sangat mendukung untuk latihan fingerstyle. Semoga bermanfaat!

 

Bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak bisa bergabung dengan kami di Fisella Music Course. Kami akan membantu dan membagikan ilmu yang berharga. Jangan lewatkan kesempatan ini!


Kunjungi Fisella Music Course

Memilih dan Mengenal Gitar Akustik - Jelang Bagaskara - Blog Fisella

Picture Source: Unsplash.com /Jacek Dylag

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda