Mengenal dan Memilih Gitar Akustik - BLOG.FISELLA®

Senin, 25 Januari 2021

Mengenal dan Memilih Gitar Akustik

Memilih dan Mengenal Gitar Akustik - Jelang Bagaskara - Blog Fisella

Mau belajar gitar akustik tapi bingung mana yang sesuai? Saya rasa bagi kalian yang baru memulai merasa bimbang dalam hal memilih gitar mana yang bagus. Gitar yang bagus adalah gitar yang cocok atau sesuai dengan kebutuhan kalian. Tentunya dengan konstruksi gitar yang bagus akan lebih mendukung. Perlu kalian ketahui bahwa gitar akustik dapat dibedakan ke dalam dua kategori, berikut saya akan tuliskan untuk membantu kalian dalam memahaminya.

Gitar Nylon Strings dan Gitar Steel Strings

Nylon Guitar

Merupakan jenis gitar yang menggunakan senar nylon dengan karakter suara yang lembut, alat musik ini biasa disebut dengan Gitar Klasik. Gitar yang menggunakan senar seperti ini cocok untuk memainkan lagu-lagu klasik, juga fingerstyle.

Steel Guitar

Merupakan jenis gitar yang menggunakan senar steel atau baja dengan karakter suara yang lebih nyaring. Lebih cocok jika digunakan untuk memainkan musik-musik non-klasik, strumming atau genjrengan.

Selain itu, kalian juga perlu berkenalan dengan bagian-bagian dari instrument atau alat musik yang ingin kalian pelajari ini! Tapi jangan bingung ya antara Nylon Guitar dan Steel Guitar, keduanya hampir sama. Berikut adalah bagian-bagian umum gitar:


Memilih dan Mengenal Gitar Akustik - Jelang Bagaskara - Blog Fisella



Catatan: Bagian atas gitar, yang juga disebut soundboard (papan suara), memainkan peranan penting dalam menghasilkan suara. Terbuat dari kayu yang menawarkan transmisi suara yang lebih baik daripada yang digunakan di bagian samping atau belakang instrumen. Walaupun ada pemain yang menempelkan stiker atau hiasan lain di bagian atas, itu tidak disarankan karena akan membuat suara yang keluar terganggu. Kalian mungkin bertanya-tanya, mengapa ada pick guard (pelindung saat memetik/ menggenjreng senar) yang terpasang di bagian atas. Sebenarnya, ini semacam kesalahan yang diperlukan, karena mencegah goresan pada bagian atas saat memetik atau menggenjreng senar.


Pengen Belajar Gitar Klasik? Kunjungi Fisella Music Course

Memilih dan Mengenal Gitar Akustik - Jelang Bagaskara - Blog Fisella


Picture Source: ID Yamaha | Medium.com /Ashok Sharma

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda