Inilah Alasan Mengapa Musik Bisa Menjadi Terapi - BLOG.FISELLA®

Kamis, 14 Maret 2024

Inilah Alasan Mengapa Musik Bisa Menjadi Terapi


Saat ini musik menjadi sebuah medium untuk penyembuhan beberapa penyakit terutama yang berkaitan dengan otak dan saraf. Terapi musik menggunakan kemampuan musik untuk dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang. Terapi ini merupakan alternatif disamping konseling atau terapi perilaku kognitif (CBT). Terapis musik akan menggunakan respons dan koneksi seseorang terhadap musik untuk mendorong perubahan positif dalam suasana hati dan pola pikir mental secara keseluruhan. Terapi musik dapat dikatakan sebagai metode perawatan yang meningkatkan kesehatan fisik dan mental individu. Terapi ini mengombinasikan musik, obat, dan psikologi. 

Terapi musik dibagi menjadi dua yakni aktif dan pasif. Terapi musik dikatakan pasif apabila seseorang hanya mendengarkan sebuah musik dengan fokus. Sedangkan terapi musik aktif dilakukan dengan cara seseorang ikut berpartisipasi dalam aktivitas musik seperti menyanyi atau memainkan instrumen musik. Musik digunakan sebagai terapi karena dapat mempengaruhi aktivitas otak. Cara musik mempengaruhi otak sangatlah kompleks. Aspek musik seperti nada, tempo, melodi, diproses oleh berbagai area otak. Misalnya otak kecil memproses ritme, lobus frontal memproses sinyal emosional yang diciptakan oleh musik, lobus temporal kanan membantu memahami nada. 

Mendengarkan atau menciptakan musik memiliki berbagai manfaat misalnya dapat meningkatkan keterampilan memori, koordinasi, membaca, pemahaman, bahkan keterampilan matematika. Seseorang juga dapat menikmati rasa pencapaian dari menciptakan karya musik. Seseorang bisa merasa bangga akan dirinya ketika berhasil menciptakan sebuah karya musik. Hal ini akan berdampak pada penghargaan terhadap dirinya sendiri. Terapi musik juga dapat mengenalkan seseorang pada berbagai budaya yang kemudian memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri dengan berbagai cara yang kreatif. Hal ini akan berdampak pada kemampuan seseorang untuk mengeksplorasi emosi yang sulit. Selain itu, beberapa manfaat musik sebagai terapi adalah peningkatan harga diri, menurunkan kecemasan, meningkatkan motivasi, dan menguatkan hubungan dengan orang lain. 


Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda