Wajib Coba! 3 Tips Efektif Untuk Latihan Musik! - BLOG.FISELLA®

Kamis, 21 Maret 2024

Wajib Coba! 3 Tips Efektif Untuk Latihan Musik!

 


Sebagai musisi, skill dalam bermusik adalah aset kita untuk mencapai kesuksesan dalam bidang tersebut. Untuk mengasah skills tersebut tentunya butuh seringnya latihan. Dari situ, terkadang kita masih bingung dengan metode latihan mana yang paling tepat untuk berkembang. Ataupun mungkin kita sudah latihan dalam waktu yang lama, tetapi merasa tidak berkembang secara pesat sehingga merasa stuck. Maka dari situ, pentingnya untuk latihan secara efektif supaya mahir lebih cepat sehingga latihan dan hasilnya sepadan. Berikut adalah 3 tips yang perlu diketahui para musisi untuk latihan secara efektif!

Membuat Sebuah Planning

Pentingnya kita membuat rencana adalah untuk mengetahui niat dan keinginan yang ingin dicapai supaya ada tujuan jelas. Ini bisa dilakukan dengan membuat sebuah plan latihan musik. Untuk mempermudah, plan tersebut bisa dibagi jadi 2 yaitu, goals jangka pendek untuk sehari-hari dan goals jangka panjang. Contohnya, untuk goals jangka pendek, kamu ingin bisa menguasai sebuah lagu yang kamu suka. Untuk jangka panjang misalnya, kamu ingin tampil di sebuah konser musik yang ternama. Dengan memikirikan dan mengetahui apa saja yang ingin dicapai, kita merasa lebih terdorong dengan apa yang dilakukan karena ada tujuan yang jelas. 

Menggunakan Metronome

Metronome akan sangat berguna bagi kita musisi supaya bisa bermain dengan tempo yang stabil secara konsisten. Tempo dapat dijaga dengan metronome supaya tidak terlalu lambat atau terlalu cepat, sehingga pas sesuai dengan kebutuhan musik/lagunya. Dari situ, metronome dapat mengembangkan sense of rhythm.  Apalagi misalnya ketika bermain dengan musisi lain atau ketika di studio rekaman, kita harus memiliki sense of rhythm yang baik supaya tetap bermain dengan tempo yang konsisten dan bisa beradaptasi dengan cepat apabila ada perubahan tempo dalam musiknya. 

Rekam Diri Sendiri

Untuk melihat dan mengevaluasi performa diri sendiri, merekam adalah solusinya. Cukup merekam dengan handphone, kita bisa melihat ulang performa kita sendiri. Walaupun beberapa dari kita mungkin merasa tidak nyaman dengan itu, merekam diri sendiri merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengecek progress kita ketika bermusik.  Dalam rekaman tersebut, kita bisa melihat kelebihan dan kelemahan kita. Kita bisa mengetahui apa aja yang perlu ditingkatkan kedepannya, sehingga kita bisa belajar dan berkembang lebih baik dari sebelumnya. 

Itulah beberapa tips latihan yang perlu diketahui para musisi.  Walaupun tips tersebut mungkin terdengar umum dan simple, tetapi jika dilakukan maka akan sangat berguna dan membantu bagi kita musisi untuk meningkatkan skill bermusik kita. Selamat berlatih!

Penulis  :  Karenina Mikha

Editor    : Gabriella Charis


Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda