4 Rekomendasi Repertoar Gitar Klasik Untuk Pemula (1) - BLOG.FISELLA®

Kamis, 11 Januari 2024

4 Rekomendasi Repertoar Gitar Klasik Untuk Pemula (1)


Repertoar klasik memiliki berbagai tingkat kesulitan mulai dari yang rendah hingga tinggi sehingga membutuhkan kemampuan yang berbeda-beda. Untuk dapat memainkan repertoar dengan tingkat kesulitan yang tinggi, tentu seseorang harus melewati tahap memainkan repertoar dengan tingkat kesulitan rendah. Tak jarang, hal ini menjadi masalah bagi pemula. Bagi sebagian orang khususnya yang tidak belajar musik secara formal atau otodidak, menemukan repertoar yang sesuai dengan kemampuan bukanlah hal yang mudah. Apabila memilih repertoar yang dengan kesulitan yang terlalu tinggi maka akan ada sebuah gap atau kesenjangan antara kebutuhan teknik untuk bermain dan pengetahuan si pemain. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih repertoar yang sesuai agar dapat berfungsi untuk mengembangkan skill bermain. 

Bagi pemula gitar klasik disarankan untuk tidak memilih repertoar dengan grade tinggi. Alangkah baiknya jika tujuan latihan sebaiknya untuk melancarkan motorik atau permainan jari dan juga membaca not balok. Berikut ini Fisella merangkum beberapa repertoar yang cocok untuk pemula gitar klasik.

Wals – Dionisio Aguado

Repertoar ini relatif pendek, memiliki sukat 3/4 dan sangat baik untuk melatih motorik bagi pemula. Apabila kalian memainkan repertoar ini maka kalian akan berlatih memetik senar kedua dan ketiga secara bersama. Repertoar ini dapat melatih koordinasi jari tengah dan jari manis tangan kanan. 

Etude No. 2 Op. 60 – Fernando Sor

Repertoar ini relatif agak panjang dan dapat digunakan untuk melatih jari telunjuk dan jari tengah pada tangan kanan. Pada bagian akhir terdapat bagian yang menggunkaan kontrapung sehingga ada dua nada yang dimainkan secara bersamaan. 

Waltz – Ferdinando Carulli

Repertoar ini memiliki sukat 3/4 namun relatif pendek. Karya ini dapat digunakan untuk belajar mempertahankan tempo karena sudah mulai diperkenalkan not seperdelapan. 

Andantino – Matteo Carcassi

Repertoar ini dapat digunakan untuk mulai mempelajari dinamika dan perubahan tempo. Kalian bisa mulai mencoba menggunakan crescendo atau decrescendo untuk menekankan melodi dari repertoar ini. Harmoni pada repertoar ini juga terdengar “penuh”. Meskipun begitu, repertoar ini tidak akan menimbulkan kesulitan untuk tangan kanan. 

Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda