Perspektif Lain untuk Menguasai 7 Modes dalam Gitar - BLOG.FISELLA®

Minggu, 10 Desember 2023

Perspektif Lain untuk Menguasai 7 Modes dalam Gitar

 

Pernahkah kalian mempelajari modes dan sudah berusaha keras untuk berlatih setiap hari selama bertahun-tahun tetapi masih belum memahami cara menggunakannya? Kalian bahkan mungkin tidak tahu cara mengidentifikasinya, saya sarankan teman-teman memahaminya dengan cara lain. Pertanyaannya adalah, metode seperti apa yang sebaiknya digunakan? Jawaban sederhananya adalah Metode Fix-Do.



Jika teman-teman sekarang sering menggunakan "Movable Do", coba ubah dengan "Fix Do" untuk memainkan atau mengidentifikasi modes, hal ini akan membantu kalian berpikir jauh dari konsep Tonalitas. Saya telah menggunakannya dengan cara ini sejak saya mengalami kebuntuan beberapa tahun yang lalu, dan menurut saya ini benar-benar berhasil!

Belajar modes namun tetap berpikir secara tonalitas (movable do) akan membuat otak Anda selalu mencari persamaan antara mode satu dengan modes dengan modes lainnya dengan acuan do atau tonica. Contohnya:


Dorian adalah re mi fa sol la si do re dan Lydian adalah fa sol la si do re mi fa


Saya setuju bahwa konsep ini adalah cara paling sederhana untuk memahami modes, benar sih tapi sepenuhnya hanya cocok untuk teori saja, bukan untuk kebutuhan praktek dan improvisasi. Perlu kalian ketahui bahwa cara movable do cenderung menyarankan penggunaan tonica (Do) sebagai notasi acuan. Saat bermain dorian, Re rasanya harusnya diselesaikan dengan Do, namun sebenarnya Re pada modes dorian harus menjadi akar dari tangga nada ini. Jadi, satu dekade lalu, saya memutuskan untuk belajar modes dengan cara ini :


Baik Fix Do atau Movable Do Person akan menggunakan referensi yang sama, Major Scale/Diatonic Major.1-2-3-4-5-6-7. Nah kalau di Modes, scale ini disebut sebagai Ionian. Skip aja sih, sepertinya nggak perlu dijelasin mendetail.


Modes pertama yang saya pelajari adalah Mixolydian, dimana modes ini hanya mempunyai satu notasi yang berbeda (7b), dibandingkan dengan tangga nada mayor. Rumus Mixolydian: 1-2-3-4-5-6-7b. Pindah ke mode lain, saya memilih Dorian karena memiliki satu nada yang berbeda (3b) dibandingkan dengan Mixolydian. Rumus Dorian: 1-2-3b-4-5-6-7b.

 

Sebelum beralih ke modes lainnya, ada baiknya untuk membandingkan nuansa antara tangga nada mayor, mixolydian, dan dorian.



Setelah saya menguasai kedua modes tersebut, saya berpindah ke mode Aeolian. Walaupun pola dari modes ini sama persis dengan tangga nada natural minor, namun bedakan saja karena tujuan kita adalah tidak lagi menggunakan movable do atau tonalitas. Rumus Aeolian adalah 1-2-3b-4-5-6b-7b, modes ini seperti Dorian, hanya menggeser 6 menjadi 6b. Modes selanjutnya adalah Phrygian. Menggunakan Aeolian sebagai referensi akan membantu kalian mengingat modes ini, rumus Phrygian adalah 1-2b-3b-4-5 6b-7b. Modes selanjutnya adalah Locrian, dan menurut saya mode ini jarang sekali dimainkan, namun mode ini sebaiknya kita kuasai. Rumus Locrian adalah 1-2b-3b-4-5b-6b-7b, Jika sekarang Anda menggunakan Phrygian sebagai referensi untuk membandingkan Locrian, bagus sekali!



Modes terakhir yang saya pelajari adalah Lydian. Ini adalah satu-satunya modes yang menggunakan tanda kres (#) dalam rumusnya. Rumus Lydian adalah 1-2-3-4#-5-6-7.

Ringkasan formula modes dalam Fix Do, saya beri highlight untuk memperjelas perbedaannya :

Mixolydian 1-2-3-4-5-6-7b
Dorian 1-2-3b-4-5-6-7b
Aeolian 1-2-3b-4-5-6b-7b
Phrygian 1-2b-3b-4-5-6b-7b
Locrian 1-2b-3b-4-5b-6b-7b
Lydian 1-2-3-4#-5-6-7


Langkah selanjutnya adalah latihan, namun tetap fokus pada formula fix do dan visualisasi fretboard. Saya rasa perspektif ini harusnya membantu Anda memahami mode dalam beberapa minggu.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda