Ini Cara Memperpanjang Nada Menurut Ilmu Harmoni! - BLOG.FISELLA®

Kamis, 07 Desember 2023

Ini Cara Memperpanjang Nada Menurut Ilmu Harmoni!

Saat belajar musik, Anda tidak hanya belajar bagaimana memainkan alat musik namun juga beberapa teori musik. Pernahkah Anda mendengar sebuah musik yang indah sehingga Anda menyebutnya dengan “musik yang harmonis”? Dalam musik terdapat ilmu harmoni. Ilmu harmoni pada dasarnya adalah ilmu untuk mempelajari bagaimana menyusun nada-nada. Salah satu hal yang dipelajari dalam ilmu harmoni adalah bagaimana memperpanjang nada. Nada-nada panjang biasanya digunakan untuk memberikan efek menunggu dan membangun emosi gelisah dan penasaran.

Apabila Anda pernah menonton film action atau horror, nada-nada panjang digunakan untuk mencampur aduk perasaan penonton. Berikut ini adalah penjelasan bagaimana cara memanjangkan nada menurut ilmu harmoni. 

Pedal Point

Pedal point yang diletakkan pada suara bass dalam progressi mengandung root dari harmoni yang diprolongasi. Bass not dari subordinate harmoni digantikan dengan pedal note, sehingga mengurangi struktur dari harmoninya. Pedal point, biasanya ditulis dengan tanda kurung. Selain itu, nada bass yang hilang membuat identiikasi posisi atau inversi dari sebuah akor menjadi lebih sulit. Hasilnya, akor tersebut akan diindikasikan menjadi posisi dasar tanpa ada inversi yang spesifik. 

Neighboring Chords

Sebuah harmoni dapat diprolongasi oleh satu atau lebih neighboring chords ketika harmoni diprolongasi dalam posisi yang sama (posisi dasar/ inversi). Dalam beberapa kasus, gerakan melodik neighboring tone biasanya terdapat di satu suara atau lebih. 

Passing Chords

Passing chord berada di antara awal dan akhir progresi. Gerakaannya searah dengan akor lain dalam progresinya yakni melangkah naik atau turun. Passing tone dapat diletakkan pada suara bass dengan posisi dasar atau inversi pertama. Passing chord biasanya tidak menjadi harmoni independen karena posisi inversi kedua tidak stabil atau memiliki fungsi yang lemah terhadap harmoni yang diprolongasi. Dalam penulisannya, passing chord biasanya ditulis dalam tanda kurung dengan label tambahan passing (p).  

Harmoni Pengganti (Substitusi)

Beberapa harmoni dapat ikut memprolongasi harmoni lainnya jika memiliki fungsi fundamental yang sama dengan harmoni yang diprolongasi. Dalam beberapa kasus, harmoni asli dan pengganti memiliki dua nada yang sama sehingga dapat dianggap memiliki fungsi yang mirip. Passing chord dapat digunakan diantara harmoni asli dan pengganti untuk memperkaya prolongasi.  

 Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda