Belajar Mixing - Mengenal Balancing Audio dengan Pink Noise - Free Download Pink Noise - BLOG.FISELLA®

Minggu, 03 Desember 2023

Belajar Mixing - Mengenal Balancing Audio dengan Pink Noise - Free Download Pink Noise

Balancing Audio dengan Pink Noise -  Free Download Pink Noise

Hi music producer! Bagi kalian yang tertarik dalam audio mixing & mastering, saya sudah menulis beberapa artikel disini BLOG.FISELLA: Mixing-Mastering, kali ini saya akan berbagi tips lagi tentang mixing music project dengan bantuan dari pink noise. Ini adalah salah satu cara dari dalam melakukan balancing audio (music project). Simak selengkapnya di artikel ini ya.


Catatan : Pada artikel ini saya tidak membahas bagaimana cara balancing dengan pink noise, namun hanya sekedar mengenalkan pink noise dan gambaran umum balancing dengan pink noise. Kalian bisa cari tahu sendiri teknik pink noise balancing.


Pengertian Balancing dalam Mixing Audio

Mudahnya, balancing adalah sebuah proses dimana kita melakukan penyeimbangan volume dari semua track yang kita miliki dalam sebuah proyek musik. Proses balancing seringnya dilakukan pada mixer dengan menaik-turunkan fader.


Balancing dengan Pink Noise

Ini merupakan sebuah teknik balancing yang menggunakan pink noise sebagai acuan. Menurut Britannica Dictionary, pink noise merupakan spektrum frekuensi yang intensitasnya menurun dengan kecepatan tiga desibel per oktaf. Pink noise berguna untuk diaplikasikan pengaturan sound system karena banyak suara musik dan alam memiliki spektrum yang menurun intensitasnya pada frekuensi tinggi. Seorang audio engineer pemula dapat menggunakan pink noise untuk melakukan proses balancing yang lebih cepat, juga meningkatkan rasa yakin bahwa proyek musiknya telah seimbang berdasarkan acuan yang jelas. Terdapat DAW yang memiliki plugins pink noise generator, namun bagi DAW yang tidak memiliki kalian dapat mengunduh audio sample pink noise hi quality disini: Link Download Pink Noise Disclaimer : akan ada safelink ketika mendownload audio sample pink noise tersebut.

Join Kursus Music Production - FL Studio - Mixing Mastering

Kursus FL Studio - Kursus Mixing Mastering - Kursus Music Production

Pengen belajar Music Production, FL Studio & Mixing Mastering? Join di Fisella Music Course. Dengan biaya mulai dari Rp 500.000 per bulan kalian bisa dapat pembelajaran dari instruktur yang profesional dengan berbagai benefit lainnya.

Kami telah mengajar 100+ murid dari seluruh Indonesia secara online sejak 2018


FREE Pendaftaran, FREE Modul tanpa syarat. Info lebih lengkap kunjungi website Fisella di www.fisella.com atau whatsapp ke admin Fisella di 085156423270.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda