3 Lagu Pop Indonesia Paling Mudah Untuk Belajar Gitar Pemula - BLOG.FISELLA®

Kamis, 30 November 2023

3 Lagu Pop Indonesia Paling Mudah Untuk Belajar Gitar Pemula

3 Lagu Pop Indonesia Paling Mudah Untuk Belajar Gitar Pemula

Ketika pertama kali belajar bermain alat musik, mentor atau instruktur mungkin akan bertanya apa tujuan Anda belajar musik. Biasanya terdapat dua jenis tujuan yakni untuk tujuan hobi dan tujuan jenjang pendidikan. Bagi seseorang yang ingin belajar bermain alat musik karena hobi, biasanya ingin bisa mengiringi lagu-lagu, bermain musik juga hanya untuk hiburan semata.

Namun bagi yang memiliki tujuan yakni jenjang pendidikan misalnya ingin masuk sekolah musik atau kuliah musik akan lebih serius mempelajari teori dan teknik. Tidak ada yang salah dengan dua tujuan ini. Anda bisa belajar bermain alat musik untuk menghibur diri, hanya sebagai hobi, atau bisa juga untuk mempersipakan karir sebagai musisi. Yang kemudian berbeda dari dua tujuan ini adalah pelatihan yang akan diberikan oleh instruktur. Biasanya instruktur akan mengikuti tujuan belajar Anda namun bisa juga mengikuti silabus yang sudah ditentukan dari lembaga. Bagi Anda yang belajar secara otodidak, tidak menutup kemungkinan pada akhirnya Anda juga bisa memainkan alat musik. 

Bagi Anda yang belajar alat musik untuk mengiringi lagu atau orang bernyanyi maka pengetahuan akan akor sangat penting. Anda sebaiknya menghafalkan akor dan kedudukannya dalam suatu tangga nada. Setelah lancar memainkan lagu-lagu dalam satu tangga nada, Anda bisa belajar untuk transposisi. Jadi apabila penyanyi meminta modulasi Anda tidak akan kesulitan. Nah, untuk Anda yang memiliki tujuan untuk mengiringi lagu, maka perlu sekali latihan dengan mendengarkan bahkan “mengulik” akor-akor dalam lagu-lagu pop. Lagu pop biasanya memiliki progresi akor yang mirip-mirip. Selain itu, lagu pop juga bisa dimainkan menggunakan akor dasar saja. Berikut ini Fisella akan merekomendasikan beberapa lagu pop Indonesia yang dapat digunakan untuk pemula. Simak terus artikel ini ya!

Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki (Sheila On 7)

Lagu ini terkenal sebagai lagu paling mudah untuk dipelajari karena penggunaan akornya yang sederhana. Untuk memainkan lagu ini Anda hanya perlu mengetahui akor dasar I – IV – V. Apabila dimainkan dalam tangga nada C mayor, maka Anda hanya perlu akor C – F – G.  

Ya Sudahlah (Bondan Prakoso, Fade2Black)

Lagu ini termasuk lagu lama dan mungkin kini sudah kurang populer. Namun lagu ini sangat mudah untuk dipelajari bagi para pemula. Lagu ini bisa dimainkan hanya dengan empat akor yakni I – V – ii – vi. Apabila dimainkan dalam tangga nada C mayor, maka Anda bisa memainkan lagu ini hanya dengan akor C – G – Dm – Am. 

Surat Cinta Untuk Starla (Virgoun)

Lagu yang memiliki lirik manis ini ternyata sangat mudah untuk dipelajari dari segi penggunaan akornya. Akor yang digunakan dalam lagu ini masih akor-akor dasar. Namun, lagu ini menggunakan ketukan 6/8 sehingga berbeda dengan lagu-lagu pop biasanya yang menggunakan ketukan 4/4. 


Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda