Berapa Usia Ideal Untuk Belajar Bermain Alat Musik? - BLOG.FISELLA®

Kamis, 23 November 2023

Berapa Usia Ideal Untuk Belajar Bermain Alat Musik?

 

Berapa Usia Ideal Untuk Belajar Bermain Alat Musik?

Banyak orang ingin belajar bermain musik namun merasa sudah terlambat karena usia. Tak jarang orang merasa sudah terlalu tua untuk belajar bermain musik. Sebaliknya, sebagian orang tua juga ragu memenuhi keinginan anaknya untuk belajar musik karena merasa belum cukup usia. Masalah usia ideal untuk belajar bermain musik memang kadang membingungkan. Banyak orang mencari patokan usia yang tepat untuk belajar bermain musik. Jadi, sebenarnya berapa usia ideal untuk belajar bermain musik? 

Belajar bermain musik adalah hal yang kompleks. Ada teori musik yang harus dipelajari, gerakan motorik yang perlu dilatih, konsentrasi, dan juga disiplin. Pada anak-anak, penulis menemui banyak kasus dimana anak-anak usia lima sampai enam tahun sudah memiliki keinginan untuk belajar musik. Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah apakah si anak sudah siap untuk memahami konsep dasar bermain musik, ataukah anak tersebut baru menunjukkan ketertarikan terhadap musik tapi sebetulnya belum siap? Oleh karena setiap anak memiliki kesiapan masing-masing, maka sebetulnya tidak ada patokan usia ideal untuk belajar musik. Ada kemungkinan jenius musik memulai pembelajarannya di usia yang sangat dini, namun ada juga anak-anak yang baru mulai berlatih di usia sekolah menengah pertama. Dua-duanya tidak salah. Lalu bagaimana dengan orang dewasa? Apakah mungkin seorang ibu yang anak-anaknya sudah beranjak dewasa baru ingin mulai belajar bermain musik? Tentu saja mungkin. 

Pada dasarnya belajar bermain musik membutuhkan motivasi dan waktu. Apabila ada motivasi, maka seseorang tidak akan keberatan untuk disiplin berlatih. Seseorang juga perlu mempertimbangkan waktu yang dimiliki. Belajar bermain musik  membutuhkan banyak waktu. Setidaknya setiap  hari perlu ada waktu untuk berlatih. Waktu seringkali menjadi kendala utama dalam belajar musik. Namun apabila ada motivasi yang kuat maka seseorang pasti akan bisa memberikan sebagian waktu untuk berlatih musik. 

Bagi anak-anak, rekomendasi usia untuk belajar bermain musik adalah usia sekolah dasar karena pada usia ini anak-anak sudah mulai dapat memahami konsep dan tentunya memiliki banyak waktu luang untuk berlatih. Bermain musik pada dasarnya melatih saraf dan otot sehingga semakin sering berlatih maka saraf dan otot akan semakin terbiasa dengan musik. Untuk orang dewasa, jangan khawatir, Anda bisa memulai belajar bermain musik kapan saja. Tidak perlu merasa terlambat untuk belajar bermain musik. Bagi Anda yang ingin belajar musik, Anda dapat  bergabung dengan Fisella Music Course. Kami menyediakan pembelajaran instrumen piano, gitar, violin, dan sebagainya. 

Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda