Senar Gitar Cepat Putus? Ini Penyebab dan Solusinya - BLOG.FISELLA®

Rabu, 07 Desember 2022

Senar Gitar Cepat Putus? Ini Penyebab dan Solusinya

 


Sering menjadi pembahasan juga terkait senar gitar yang mudah putus, pada artikel ini saya akan membahas mengapa senar gitar mudah putus dengan berbagai macaqm kemungkinan yang tentunya pernah saya alami sebagai gitaris.


Pada umumnya senar gitar memiliki masa kedaluwarsanya, ini diakibatkan oleh korosi (karat), kotoran dari keringat pada jari, dan juga gesekan pick/kuku pada senar itu sendiri. Sehingga sangat disarankan senar gitar dapat diganti setiap 4-6 bulan sekali, bisa lebih cepat jika memang penggunaannya terbilang sering. Namun ada beberapa faktor yang mengakibatkan senar jadi mudah putus berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab senar gitar cepat putus :

Saddle atau Nut Sudah Tajam

Buat kalian yang belum tahu bagian gitar silahkan baca artikel ini Bagian-bagian Gitar Elektik, Saddle dan Nut yang sudah tua sebaiknya diganti, karena gesekan dari senar bridge dan nut menjadi tidak rata dan mengakibatkan adanya bagian yang tajam. Hal ini sering sekali menyebabkan senar menjadi mudah putus. Segera bawa gitarmu ke luthier/reparasi gitar untuk mengecek kondisi saddle dan nut gitarmu.


Neck Gitar Bengkok

Pada artikel lain saya sudah pernah menulis tentang Neck Gitar Bengkok? Ini Penyebab dan Solusinya. Neck yang sudah bengkok (terutama back bowed) menyebabkan ketegangan senar tidak standar lagi, sehingga tekanan pada senar dan bending bisa memicu putusnya senar gitar lebih cepat. Solusinya silahkan baca artikel ini Mengatur Truss Rod untuk Mengatasi Neck Gitar yang Melengkung jika masih bisa diatur truss rodnya.


Senar KW atau Tidak Standar

Di Indonesia banyak sekali barang palsu, tidak terkecuali senar gitar. Pembahasan tentang senar gitar sudah sering saya bahas di artikel sebelumnya. Yang pertama pastikan senar yang kalian beli adalah asli, untuk merk D'Addario silahkan baca artikel ini Cara Mengecek Keaslian Senar D'Addario untuk rekomendasi merk senar gitar yang saya pakai silahkan baca artikel Merk Senar Gitar Recommended. Senar KW memiliki kualitas yang pastinya kurang baik karena pastinya terdapat perbedaan bahan dan proses quality control. Saya pernah menulis artikel tentang pengalaman saya tertipu penjual senar gitar KW Membandingkan Senar D'Addario Asli dan KW. Senar KW cenderung memiliki ketegangan senar yang tidak standar sehingga mengakibatkan mudah putus.


Karat

Bagi kalian yang tinggal di daerah yang tingkat kelembabannya tinggi silahkan baca artikel ini Senar Gitar Cepat Berkarat? Berikut 6 Tips Merawatnya. Salah satu penyebab mudah putusnya senar gitar adalah karat.


Kursus Musik Murah Yogyakarta - Kursus Musik Guru Datang Ke Rumah Yogyakarta - Kursus Musik Yogyakarta


Halo Yogyakarta! Sedang mencari guru musik yang datang ke rumah? Join Fisella Music Course. terdapat berbagai kelas instrumen seperti :

Kursus Piano Pop
Kursus Piano Klasik
Kursus Biola
Kursus Music Production for Kids
Kursus FL Studio
Kursus Mixing Mastering

Biaya kursus murah mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian akan diajarkan oleh mentor preofesional. Dengan metode Fast and Fun Learning belajar musik menjadi lebih mudah, cepat, dan pastinya ramah anak. Anda bisa memilih home service atau online service (untuk yang ada di luar jogja).

JOIN FISELLA SEGERA


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda