Tips Efektif Belajar Membaca Not Balok untuk Pemula - BLOG.FISELLA®

Selasa, 06 Desember 2022

Tips Efektif Belajar Membaca Not Balok untuk Pemula

 

Tips Cepat Membaca Not Balok untuk Pemula blog fisella peterdevriesguitarcom fisellacom fisellamusiccourse fisella

Di Indonesia bagi sebagian besar musisi amatir, membaca not balok merupakan hal yang cukup rumit, sehingga banyak dari mereka yang memilih untuk mempelajari musik dengan not angka, atau bahkan dengan tidak mempelajari notasi sama sekali. Beberapa dari kita yang mendalami musik akhirnya memutuskan untuk belajar membaca notasi balok karena ingin lebih profesional. Pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya adalah bagaimana cara belajar not balok dengan cepat dan mudah untuk pemula? Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk belajar membaca not balok dengan lebih cepat dan mudah.

Make the Numbered Notation Invisible

Hal ini berlaku jika kalian adalah pengguna not angka yang saat ini ingin belajar not balok. Sebagian dari kalian pasti merasa putus asa karena merasa not angka lebih mudah daripada not balok, itu sebabnya kalian mencari artikel untuk mempelajari not balok 'semudah' mempelajari not angka.

Jika kalian sering menulis not angka di atas/bawah not balok, mulai saat ini berhentilah! Bagaimana bisa kalian move on ke not balok jika kalian masih selalu mengingat not angka? Sama sekali saya tidak mengajarkan bahwa not angka tidak baik, tapi tujuan anda saat ini mempelajari not balok bukan? Yap hilangkan not angka dari partitur bernot balok.

Jauhkan alat tulis ketika kalian mendapatkan partitur yang berisi not balok. Dengan demikian kalian 1 tahap lebih baik untuk memulai belajar.


Kursus Musik Murah Yogyakarta - Kursus Musik Guru Datang Ke Rumah Yogyakarta - Kursus Musik Yogyakarta

JOIN FISELLA MUSIC COURSE

Do Not Compare

Semakin sering anda membandingkan not angka lebih mudah dari not balok maka anda telah membuat blokade terhadap pikiran anda. Sehingga jika diperhadapkan dengan not balok yang terjadi adalah 'keringat dingin'. Dengan mengganti konsep bahwa not balok mudah hanya saya perlu membiasakan diri adalah statement yang lebih bijak daripada membandingkannya.


Saya Harus Segera Bisa Membaca Not Balok

Sadari proses belajar memang membutuhkan waktu dan bahkan 'we need to struggle on it'. Belajar tidak semudah menjentikkan jari sehingga menargetkan segera bisa hanya akan membuat diri anda lebih cepat frustasi. Daripada menargetkan kapan saya bisa membaca notasi balok, lebih baik buatlah harapan dengan statement seperti, "saya akan membaca 4 bar sehari selama satu tahun ini dan kita lihat apa yang terjadi satu tahun kemudian". Kalimat tersebut juga yang saya gunakan saat saya pertama kali memulai membaca not balok, alhasil saya tidak tertekan dengan proses belajarnya.


Make It Simple

Untuk memulai membaca not balok cukup baca 2 hingga 4 bar not balok sehari tidak akan menyiksamu. Setelah terbiasa baca 2 sampai 4 bar dua kali sehari. Tingkatkan lagi! Nah disini tips yang saya berikan adalah baca bukan memainkan atau menyanyikan. Kalian cukup eja not balok tersebut ke huruf atau angka, dengan demikian kalian membiasakan otak untuk mengkonversi dengan cepat. Jika dirasa proses mengejanya sudah lancar, ubah kebiasaan dengan cara dimainkan di instrumen atau dinyanyikan.


Cari Guru yang Mengajar dengan Not Balok

Setiap guru memiliki caranya masing-masing dalam mengajar, dan setiap murid memiliki caranya sendiri untuk memahami metode apa yang terbaik. Coba kita sedikit flashback di era kita sekolah saat belajar Bahasa Inggris. Guru kita mengajarkan bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia dan nyatanya tidak banyak yang bisa berbicara bahasa Inggris bukan? Ketika kita diperhadapkan dengan guru yang mewajibkan berbahasa Inggris sepenuhnya mau tidak mau kalian akan berusaha walau sepatah dua patah kata untuk berbicara. 


Kursus Musik Murah Yogyakarta - Kursus Musik Guru Datang Ke Rumah Yogyakarta - Kursus Musik Yogyakarta

Halo Yogyakarta! Sedang mencari guru musik yang datang ke rumah? Join Fisella Music Course. terdapat berbagai kelas instrumen seperti :

Kursus Piano Pop
Kursus Piano Klasik
Kursus Biola
Kursus Music Production for Kids
Kursus FL Studio
Kursus Mixing Mastering

Biaya kursus murah mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian akan diajarkan oleh mentor preofesional. Dengan metode Fast and Fun Learning belajar musik menjadi lebih mudah, cepat, dan pastinya ramah anak. Anda bisa memilih home service atau online service (untuk yang ada di luar jogja).

JOIN FISELLA SEGERA

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda