Ingin Live Streaming? Ini Alat & Biaya Audio yang Dibutuhkan - BLOG.FISELLA®

Sabtu, 17 Desember 2022

Ingin Live Streaming? Ini Alat & Biaya Audio yang Dibutuhkan

Ingin Live Streaming Ini Alat & Biaya Audio yang Dibutuhkan

Orang yang melakukan live streaming biasanya disebut sebagai streamer. Streamer membutuhkan perlengkapan yang memadai untuk dapat melakukan live streaming. Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk dapat memulai live streaming. Lantas alat apa saja dan berapa saja biaya yang dapat dikeluarkan untuk melakukan live streaming?

Low Budget Streamer

Bagi kamu yang mau live streaming tapi hanya memiliki modal minimal kamu tetap dapat melakukan live streaming. Low budget streamer mengandalkan barang yang mungkin sudah dimiliki seperti earphone. Cukup sambungkan earphone ke komputer untuk melakukan live streaming, tentunya dengan menggunakan earphone yang sudah built-in dengan microphone untuk merekam suara kamu.

Middle Budget Streamer

Jika kamu merasa ingin upgrade gears sehingga memiliki mikrofon yang dibuat khusus untuk berbicara, ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan. Pertama, kamu dapat menggukanan mikrofon usb yang rentang harganya berkisar Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Cara menggunakan mikrofon USB masih terbilang mudah, cukup sambungkan mikrofon USB ke komputer melalui USB Port.

High Budget Streamer

Kamu mau mikrofon yang lebih profesional? Tenang saja, semua akan dibahas di artikel ini. Nah, kalau kamu mau mikrofon yang lebih bagus, ada beberapa hal yang harus dimiliki, tidak hanya mikrofon saja. Salah satunya kamu perlu membutuhkan Audio Interface. Audio Interface adalah media untuk data yang diberikan mikrofon dapat masuk ke dalam komputer. Terus kenapa harus pakai audio interface? Kan yang sebelumnya bisa pakai mic usb? Ada beberapa keuntungan jika kamu menggunakan audio interface. Pertama, adalah kualitas suara akan lebih baik jika dibandingkan dengan mikrofon usb. Kedua, audio interface mengirimkan data signal lebih cepat sehingga mengurangi resiko latency. Audio Interface dapat kamu peroleh dari rentang harga 1-3 juta rupiah, bahkan ada yang lebih mahal, tergantung dengan kegunaan kamu. Jika ingin membeli bersama dengan mikrofon dan headphone dari scarlett, kamu bisa mendapatkan paket lengkap untuk live stream hanya dengan sekitar 5 juta rupiah. Apakah kamu tertarik untuk mendapatkannya?

Live streaming bisa menjadi hobi seseorang bahkan mata pencaharian. Jika ingin melakukan live streaming namun belum mempunyai modal yang cukup untuk dapat merekam suara, kalian dapat melakukannya hanya dengan alat-alat yang kalian miliki terlebih dahulu.


Editor: Jelang Bagaskara & Peter DV

Ingin Memulai Kursus Produksi Musik Dari Nol? Atau Kursus Mixing Mastering? Join di Fisella

Kursus Mixing Mastering dan Music Production Fisella Music Course


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda