7 Tips Belajar Gitar Tanpa Stuck & Jenuh - BLOG.FISELLA

Sabtu, 21 Januari 2023

7 Tips Belajar Gitar Tanpa Stuck & Jenuh

 

kursus gitar jogja - kursus gitar online - fisella music course - fisella.com.jpg

Hi musician! Jika kalian sedang belajar gitar sendiri, artikel ini rasa akan membantu dan mencerahkan temen-temen semua nih. Simak artikel ini selengkapnya supaya kalian bisa memaksimalkan proses belajar gitarmu secara otodidak.

Tentukan Goals Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Goals atau tujuan adalah titik yang akan kalian inginkan. Setiap orang pastinya memiliki tujuan yang berbeda-beda, bahkan ketika kalian memiliki tujuan yang sama dengan temanmu agar bisa menguasai gitar, namun tujuan spesifiknya pastinya akan berbeda. Sebagai contoh, teman saya berlatih gitar agar bisa ngeband, sedangkan saya berlatih gitar sekedar untuk mengisi waktu luang disaat jenuh dengan rutinitas. Dari contoh ini kalian bisa tahu kalau menentukan tujuan di awal akan mempermudah proses belajar gitar.

Bagi menjadi dua goalsmu, yang pertama adalah tujuan jangka pendek dimana bisa kalian capai dengan waktu yang relatif singkat dan tujuan jangka panjang dimana kalian memerlukan waktu yang relatif lebih lama dan membutuhkan konsistensi. Contohnya hari ini kalian memutuskan untuk pertama kali belajar gitar, dan hal yang ingin kalian kuasai adalah akor agar bisa memainkan sebuah lagu. Dalam sebuah lagu tentunya akan ada lebih dari satu akor dan untuk memainkan lagu tersebut dibutuhkan banyak sekali aspek yang harus dikuasai, misalnya ketepatan nada, penggantian akor, tempo, dan lain sebagainya. Jika dalam sehari kalian ingin menguasai semuanya, pastinya akan membuat jenuh, imbasnya kalian nggak akan pengen megang gitar lagi. Saran Fisella, untuk tujuan jangka pendek, temen-temen cukup menguasai satu atau dua akor saja dulu. Jika memungkinkan kuasai juga clarity (kejelasan nada) akornya, namun jika belum memungkinkan fokus saja kepada bentuk akor dan posisi jari. Untuk tujuan jangka panjang, teman-teman tentukan berapa hari/minggu kalian akan menguasai semua akor yang ada di lagu tersebut. Fokus dan konsisten adalah kunci keberhasilan belajarmu.

Tentukan Gitaris Panutanmu

Saya yakin di dunia ini semua orang menggemari manusia lainnya yang memiliki kemampuan diatas rata-rata. Misalnya jika kalian suka sepak bola, kalian sangat menggemari Christian Ronaldo, Messi, atau pesepakbola lainnya. Begitu pula dengan kalian yang suka dengan bidang lainnya. Dalam musik juga demikian, dengan menggemari satu atau dua gitaris proses kalian akan lebih fokus dan mengerucut. Contohnya jika tertarik main gitar karena melihat Sungha Jung, pastinya temen-temen akan memiliki kecenderungan membeli gitar akustik untuk meniru Sungha Jung, berbeda dengan teman lain yang tertarik dengan rocker seperti Slash Guns N Roses. Yakinlah dengan mendengar lagu-lagu gitaris yang kalian gemari maka proses belajar akan lebih terarah. Terlalu banyak gitaris panutan akan membuat kita bingung mau belajar darimana.

Lagu Favorit Bikin Belajar Lebih Fresh

Jangan latihan lagu yang kita tidak suka! Apa jadinya kalau kita dipaksa makanan yang kita tidak suka? Walaupun dengan iming-iming makanan sehat, manusia akan cenderung  memilih makanan yang disukainya walaupun makanan tersebut tidak sehat. Analogi ini juga berlaku dalam berlatih gitar melalui lagu. Pilih lagu yang kalian suka. Walaupun lagunya cenderung susah, yakinlah bahwa yang perlu kalian butuhkan hanyalah berlatih pelan-pelan.

Stop Jika Belajar Gitar Terasa Berat

Tips ini ada kaitannya dengan tips sebelumnya. Jika memang teknik atau lagu yang dipilih sudah membuat kita berat, jangan lanjutkan. Kalian juga butuh mengistirahatkan otak dan jari agar tidak jenuh. Ingat belajar musik harus diikuti rasa senang dan nyaman. Ulangi lagi setelah cukup istirahat, dan tetap yakin bahwa pencapaian dari proses belajar hannya soal waktu.

Apresiasi Setiap Usaha & Pencapaianmu

Kita selalu memandang diri kita tidak berkembang dari masa ke masa, hal ini terjadi karena kita jarang melihat mundur pencapaian atau usaha kita sebelumnya. Catat setiap effort dan pencapaian kita, bila perlu rekam kegiatan latihan kita untuk ditonton kembali satu atau dua tahun kemudian. Dengan demikian teman-teman akan termotivasi untuk belajar gitar lebih lagi. Jangan lupa beri apresiasi terhadap diri sendiri karena akan lebih berat jika harus menunggu apresiasi dari orang lain.

Berhenti Membandingkan Kemampuanmu Fokus ke Proses

Dia lebih cepat belajar gitarnya, saya tidak! Kondisi ini membuat kita merasa terpuruk seolah kita nggak ada bakat bermain gitar. Fokus ke prosesnya dan stop membandingka pencapaian kita dengan orang lain. Yakinlah setiap effort dalam belajar gitar akan membuahkan hasil walaupun kapan dan apa kita tidak akan pernah tahu.


Berguru! Dengan Siapapun & Darimanapun

Mencari guru yang tepat adalah saran terbaik untuk membuka wawasan baru, sehingga materi belajar gitar tidak stuck. Setiap guru profesional pastinya menawarkan berbagai macam metode dan pendekatan untuk mempelajari gitar dengan lebih baik. Semua ilmu dari berbagai macam guru bisa kamu tampung dan kembangkan sehingga muncul ide baru untuk terus belajar dan berkembang. Di akhir artikel saya ingin merekomendasikan Fisella Music Course yang menawarkan kursus gitar di Jogja atau kursus gitar online jika teman-teman membutuhkan private mentor. Kalian bisa memilih kelas gitar klasik, gitar akustik folk, dan gitar elektrik sesuai dengan minat bermusik kalian. Dengan dipandu oleh mentor berpengalaman dan profesional proses belajar gitar kalian akan menjadi lebih terarah. Fisella Music Course telah memiliki murid dari seluruh Indonesia sehingga reputasinya tidak diragukan lagi. Klik disini untuk melihat Semua Kursus di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda