Mengenal Teknik Dasar Bermain Gitar Klasik - BLOG.FISELLA®

Rabu, 17 Maret 2021

Mengenal Teknik Dasar Bermain Gitar Klasik


Di Indonesia sekarang sudah banyak masyarakat yang menggemari jenis instrument Gitar Klasik. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tempat kursus musik yang sudah menawarkan jasa dalam mempelajari cara memainkan gitar klasik dan tidak jarang juga di Indonesia sudah banyak diadakan kompetisi bermain gitar klasik. Namun, ditempat kursus juga tentu saja tidak gratis. Teman-teman pasti akan membayar dengan harga yang bisa dikatakan juga tidak murah hanya untuk mempelajari bagaimana cara memainkan gitar klasik.

Dalam artikel ini saya akan membantu teman – teman membahas cara memainkan gitar klasik dengan teknik dasar memainkannya dan memberikan beberapa tips untuk menguasai teknik tersebut hanya dengan menyimak penjelasan dibawah ini. Langsung saja kita simak penjelasan berikut!

1. ARPEGGIO

Arpeggio merupakan salah satu teknik dasar bermain gitar klasik. Apa itu Arpeggio?  Menurut Prof. Panayot Petrov Panayotov PhD. dalam bukunya yang berjudul “Methodology of The Instruction in Guitar”, arpeggio adalah akor yang telah dipecah dengan nada yang dibunyikan secara berurutan bukan secara bersamaan.  Lalu bagaimana cara melatih teknik arpeggio pada gitar klasik? Sebelum memainkan teknik ini, teman – teman perlu mengetahui nama-nama setiap jari pada tangan kiri dan kanan. Simak gambar berikut!

Gambar: Instagram @mayorgitarbro

Setelah mengetahui nama penjarian pada setiap jari, sekarang teman – teman hanya perlu berlatih memetik senar dengan penggunaan jari P untuk senar 6 atau 5 atau 4, jari I pada senar 3, jari M pada senar 2, dan jari A pada senar 1. Lakukan itu secara berulang ulang, atau teman – teman bisa membaca partitur dibawah ini sebagai bentuk latihan. 

Gambar: Musical Score, 120 Right Hand Studies M.Guiliani


2. BARRE

Teknik dasar bermain gitar klasik selanjutnya yaitu Barre. Barre adalah teknik bermain gitar klasik dimana salah satu jari pada tangan kiri menekan lebih dari satu senar. Barre terdiri dari dua jenis, Small Barre dan Big Barre. Small Barre, salah satu jari di tangan kiri menekan dua atau lebih senar sedangkan Big Barre, salah satu jari di tangan kiri menekan senar 1 sampai 6 (semua senar).

Gambar: Methodology of The Instruction in Guitar

Untuk memaksimalkan teknik barre dalam permainan gitar klasik, teman – teman harus banyak berlatih dengan benar agar tidak terjadi cedera pada jari di tangan kiri. Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat memainkan teknik barre:

- Pergelangan tangan kiri telalu tegang

- Jari jempol di tangan kiri terlalu menekan kuat leher gitar

- Jari yang melakukan barre tidak maksimal sehingga senar tidak maksimal berbunyi.

Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, teman - teman disarankan untuk lebih bayak berlatih. Berikut repertoar pendukung untuk memaksimalkan teknik barre teman-teman.

·         Diabelli, A. 7 Prelüdium für Gitarra. Budapest, 1981.

·         Giuliani, A. Prelude op 46.

·        Hinsch, G. K.H. Schulz Folk Guitar. Leipzig, 1981


3. SCALES

Scales, merupakan teknik latihan memainkan Tangga Nada. Dalam latihan ini, tangan kanan dan tangan kiri dilatih agar dapat sinkron saat bermain. Dalam berlatih teknik scales biasanya tangan kanan secara tidak langsung akan terlatih juga untuk memproduksi warna suara yang tepat dan indah.

Sebelumnya dalam artikel “jangan lakukan hal inipada gitar klasik” saya sudah menjelaskan bagaimana bentuk kuku yang benar agar dapat menghasilkan suara yang jernih dan saat memetik senar. Selain itu teman – teman juga dapat melihat teknik petikan dasar Apoyando dan Tirando pada artikel sebelumnya "Rahasia bermain gitar dengan petikan". Berikut salah satu bentuk latihan teknik Scales. 

Gambar: Pi Isydora


Untuk latihan Scales lebih lanjut, teman – teman dapat membaca buku:

·         Panayotov, P. Scales and technical exercises for guitar. Sofia, 1987.

·         Carlevaro, A. Serie Didactica. Buenos Aires, 1966.

·        Albert, H. Lehrgang für künstlerisches Gitarrespiel. Berlin.

 

Untuk menguasai teknik dasar dalam bermain gitar klasik ini teman – teman memang perlu banyak berlatih secara berulang – ulang dan rutin tiap hari untuk memaksimalkannya. Namun terkadang beberapa dari kita perlu bimbingan secara langsung dalam latihan. Untuk itu, teman – teman tidak perlu kuatir karena Fisella menyediakan jasa buat teman – teman yang ingin melatih skill bermain gitar klasik teman – teman lebih dalam lagi dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk info lebih lanjut kunjungi Fisella Music Course

Selamat berlatih sobat Classical Guitarists!!


References: Panayotov, P. Methodology of The Instruction in Guitar. Bulgarian. 1995


Bagikan artikel ini

1 komentar