Yuk! Pelajari Salah Satu Latihan Tangan Kiri untuk Gitar! - BLOG.FISELLA®

Senin, 22 Februari 2021

Yuk! Pelajari Salah Satu Latihan Tangan Kiri untuk Gitar!

 

Yuk! Pelajari Salah Satu Latihan Tangan Kiri untuk Gitar! - Jelang Bagaskara - Blog Fisella

Pasti kalian pernah menemukan permasalahan tangan kiri pada saat latihan dan hal itu menjadi tantangan tersendiri. Di artikel yang lalu saya telah membahas Cara Mudah Melatih Jari Tangan Kiri untuk Bermain Gitar. Nah, akan tetapi saya ingin latihan kalian meningkat dong! Maka dari itu dalam artikel ini saya akan membagikan tips dalam melatih tangan kirimu. Tentu sedikit lebih sulit dibandingkan dengan artikel yang lalu. Umumnya ada banyak sekali permasalahan tangan kiri yang perlu untuk dilatih. Akan tetapi, karena keterbatasan tulisan pada artikel ini saya hanya membahas satu teknik saja. Apa itu? yaitu tentang Finger Independence. Hal itu penting karena jari-jari kalian harus bisa bergerak secara independen satu sama lain.

Opposing Motion (Gerak Berlawanan)
Dapat dilatih dengan dua cara:

  • Pertama, mainkan masing-masing dengan staccato. Biarkan jari-jari tangan kirimu merasakan seperti memegas ke atas di antara perubahan jari. Ingatlah untuk tidak memegas ke atas lebih dari satu inci. Setelah jari-jarimu melepaskan nada, segera letakkan tepat di atas dua not berikutnya. Gunakan waktumu dan mainkan setiap variasi dengan cara ini.
  • Kedua, mainkan dengan cara legato, tanpa celah yang terdengar putus di antara not. Untuk melakukan ini, tetap pada senar sampai saat terakhir yang memungkinkan. Perhatikan jarimu bergerak ke dua nada berikutnya, kemudian beralih ke jari selanjutnya.

Latihan:
Yuk! Pelajari Salah Satu Latihan Tangan Kiri untuk Gitar! - Jelang Bagaskara - Blog Fisella
*sumber: Pumping Nylon – The Classical Guitarist’s Technique Handbook by Scott Tennant.

Manfaat dari latihan ini yaitu melatih jari-jari tangan kiri untuk bergerak secara independen satu sama lain, hal ini nantinya dapat mempermudah dalam bermain karya musik yang memerlukan gerakan jari secara individu. Contohnya pada musik klasik zaman Baroque, salah satu karyanya adalah Sonata Allegro K 322 by Domenico Scarlatti yang melodi, bassnya berjalan beriringan dan perpindahan jemari yang cepat. Selain itu latihan ini juga dapat memperkuat tangan kirimu, meningkatkan stamina dan melatih otot tertentu yang mungkin belum pernah dilatih sebelumnya.

PENTING: Tanganmu akan merasakan rasa pegal setelah melakukan latihan ini, dan itu hal yang normal. Akan tetapi, jika kamu merasakan nyeri di tangan, pergelangan tangan, atau lengan bawah, istirahat dan berhentilah berlatih. Rasa sakit atau nyeri, bagaimanapun itu bukan lah hal yang normal. Jadi, bijaklah dalam membedakan keduanya.

Butuh Bimbingan Belajar Musik?

Memilih dan Mengenal Gitar Akustik - Jelang Bagaskara - Blog Fisella

Reference: Pumping Nylon – The Classical Guitarist’s Technique Handbook by Scott Tennant.
Picture by jelangbm

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda