“High School Musical” Film Yang Berbicara Lewat Musik - BLOG.FISELLA

Rabu, 24 Februari 2021

“High School Musical” Film Yang Berbicara Lewat Musik

High School Musical Film Yang Berbicara Lewat Music - Pi Isydora - Blog Fisella


Pencinta film musikal pasti tidak asing lagi dengan film yang bejudul ‘High School Musical’. Film bertemakan kisah-kasih anak sekolahan yang berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi yang sesuai dengan impiannya di masa depan ini, merupakan salah satu produksi Disney Channel Original Movie (Film original Disney Channel) yang ditayangkan di Disney Channel.

Film yang disutradarai oleh Kenny Ortega ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2006 untuk sekuel pertamanya, 2007 untuk sekuel yang kedua, dan 2008 untuk sekuel yang ketiga dan menjadi sekuel terakhir dan satu-satunya sekuel yang ditayangkan di bioskop. Film ini mencatat rekor sebagai film musikal yang meraih pendapatan terbesar di minggu pembukaannya.

Sebagai film yang bergenre musikal, bagaimana cara musik berbicara dalam film ini?

Seperti yang kita ketahui, film bergenre musikal merupakan film yang sebagian besar adegannya di isi oleh musik, nyanyian atau tarian dari setiap pemainnya. Ya, sama dengan film ini, ‘High School Musical’ juga menerapkan hal seperti itu.

Ketiga sekuel dalam film ini semua alur ceritanya dapat ditebak hanya dengan mendengarkan lagu yang dibawakan oleh pemain dari awal cerita sampai akhir ceritanya. Bagaimana bisa seperti itu?

Ya, tentu saja musik yang berbicara lewat lagu tersebut.

Cara kita untuk memahami isi dari film yaitu tidak lain dengan menyimak setiap percakapan atau adegan yang dilakukan oleh para aktor/aktris. Berbeda dengan film pada umumnya, film musikal menyampaikan setiap adegan atau percakapan yang dilakukan oleh para aktor/aktris lewat nyanyian dan lagu yang mereka bawakan sambil dengan melakukan sedikit aksi tarian.

Contoh dalam lagu pembukaan pada sekuel pertama film 'High School Musical' yang berjudul Start Of Something New. Berikut sedikit penggalan liriknya.

“Living in my own world, didn't understand that anything can happen when you take a chance

I never believed in what I couldn't see, I never opened my heart to all the possibilities

I know that something has changed, never felt this way and right here tonight

This could be the start of something new

It feels so right to be here with you, and now looking in your eyes, I feel in my heart

The start of something new 

Lagu ini pada pembukaan film dibawakan duet oleh kedua pemain yang menjadi peran utama yakni Zac Efron sebagai Troy Bolton dan Vannesa Hudgens sebagai Gabriella Montez. Sesuai dengan judul dan penggalan isi liriknya, dalam adegan bernyanyi tersebut menceritakan bagaimana pertemuan mereka dapat menjadi sebuah awalan yang baru dalam kehidupan mereka setelah bertemu.

Hanya dengan satu adegan bernyanyi atau satu lagu yang dibawakan ini sudah menceritakan satu peristiwa bagaimana perasaan mereka berdua setelah bertemu. Alih-alih hanya berbicara melakukan percakapan biasa, para pemain justru bernyanyi untuk saling memahami masing-masing perasaan satu sama lain.

Tidak hanya pada lagu pembukaannya saja mereka menyampaikan pesan ke penonton, tapi semua lagu yang dibawakan Seperti “Get'cha Head In the Game”, "What I've Been Looking For", "We're All in This Together" dan masih banyak lagi, dibawakan dalam format solo, duet, ataupun grup, akan mewakili emosi atau mereka, karakter tokoh mereka, dan menjadi satu alur cerita dalam film. Jadi bisa dikatakan semua lagu yang dibawakan oleh semua aktor/aktris dalam film jika dikemas akan menjadi sebuah film yang dapat kita pahami arti ceritanya.

Jadi seperti itulah musik berbicara lewat film ini. Tidak hanya pada film ‘High School Musical’ tapi juga hal yang sama seperti ini juga diterapkan oleh semua jenis film yang bergenre musikal. Tidak heran kenapa film musikal dapat dinikmati semua orang karena dengan hadirnya musik, film musikal menjadi lebih indah, lebih mengalir, dan lebih mudah untuk membawa suasana film ke penonton.

 



 



Bagikan artikel ini

1 komentar

  1. Wow, i like this story, tells about interesting music. very nice

    BalasHapus