Seri Kenal Komposer #2: Henry Purcell - BLOG.FISELLA®

Kamis, 30 Mei 2024

Seri Kenal Komposer #2: Henry Purcell


Henry Purcell merupakan salah satu komposer pada era musik Barok. Ia merupakan salah satu komposer asal Inggris yang sangat berpengaruh. Henry Purcell dilahirkan pada tahun 1659 di London. Purcell menunjukkan bakat musik sejak dini. Ia memiliki ayah yang juga adalah seorang musisi. Ayahnya memberikan pelatihan berbagai instrumen dan komposisi kepada Purcell. Sepanjang hidupnya, Purcell termasuk komposer yang produktif dalam berkarya. Ia menghasilkan berbagai karya termasuk opera, kantata, simfoni, dan musik kamar. Namun salah satu kontribusi Henry Purcell yang paling penting adalah opera. 

Salah satu karya operanya yang paling terkenal adalah “Dido and Aeneas” yang ditulis pada tahun 1689. Opera ini dianggap sebagai karya terbaik dari Purcell dan merupakan salah satu opera Inggris abad ke-17 yang masih dipentaskan hingga saat ini. Opera "Dido and Aeneas" ini menceritakan seorang ratu bernama Dido yang jatuh cinta pada seorang pahlawan yakni Aeneas. Dido dan Aeneas akhirnya saling mengakui cintanya, namun para penyihir datang untuk menggoda Aeneas agar meninggalkan Dido. Aeneas pun berlayar meninggalkan Dido. Penyihir sangat senang mengetahui hal ini, namun Aeneas kembali pada Dido. Saat Aeneas kembali, Dido menolak Aeneas karena pernah berpikir untuk meninggalkan Dido. Dido mengusir Aeneas dan setelah Aeneas pergi, Dido mati. Pada produksinya di tahun 1700, opera ini dibagi menjadi empat bagian. Keempat bagian tersebut ialah Babak I (The Palace), Babak II adegan I (The Cave) , Babak II adegan II (The Grove), dan Babak III (The Ships).

Selain “Dido and Aeneas”, Henry Purcell juga menghasilkan beberapa karya opera lainnya misalmya “The Fairy-Queen” yang ditulis pada tahun 1692. Purcell juga memproduksi opera berdasarkan kisah-kisah Shakespeare dari “A Midsummer Night’s Dream” dan “The Tempest”. Karya lainnya yang tidak kalah menarik adalah opera “The Indian Queen” yang diproduksi tahun 1695 dan “King Arthur” yang diproduksi pada tahun 1691. Purcell meninggal pada usia 36 tahun. Meskipun begitu, ia telah menyumbangkan berbagai karya terbaik yang hingga kini masih dapat dipelajari. 

Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.






Baca Juga

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda