Seri Kenal Komposer #1 : Jean Sibelius - BLOG.FISELLA®

Jumat, 01 Maret 2024

Seri Kenal Komposer #1 : Jean Sibelius



Bagi sebagian orang yang tertarik dengan musik barat pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Mozart atau Beethoven. Apalagi ketika musik Mozart dipercaya bisa mempengaruhi kecerdasan anak. Repertoar dari Mozart dan Beethoven juga sering menjadi bahan pembelajaran ketika belajar musik. Namun sebetulnya masih banyak komposer musik barat yang karyanya tidak kalah indah dari Mozart dan Beethoven. 

Salah satu komposer yang cukup terkenal adalah Jean Sibelius. Jean Sibelius adalah komposer asal Finlandia yang membuat musik pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Sibelius belajar di Finnish Normal School, sekolah berbahasa Finlandia pertama ketika Finlandia masih dikuasi Rusia. Di bawah bimbingan Martin Wegelius, Sibelius menggubah banyak musik kamar dan instrumental. Pada pertengahan usia 20-an, Sibelius meninggalkan Finlandia lalu pergi ke Berlin dan Wina untuk belajar musik dengan guru-gurunya termasuk komposer Robert Fuchs dan Karl Goldmark. 

Setelah belajar, Sibelius kembali ke Finlandia dan menggelar pertunjukan orkestra besar pertamanya yakni Simfoni Kullervo pada tahun 1892. Pertunjukan tersebut banyak mendapat simpati. Selain itu terdapat karya-karya lain yang membuat Sibelius semakin terkenal yakni karya En Saga (1892), Karelia, dan Four Legends. Puisi ketiga dari empat simfoni dalam Four Legends adalah The Swan of Tounela (1893) yang terkenal. Sejak Perang Dunia I, Sibelius telah menerbitkan karya-karya besar misalnya tiga simfoni terakhir (No. 5 dalam Eb Mayor, No. 6 dalam D minor, dan No. 7 dalam C Mayor) dan Tapiola (1925). Sibelius menjadi semacam pahlawan nasional di Finlandia ketika simfoni pertamanya memulai debut pada tahun 1899. Pada tahun 1915, pada ulang tahunnya ke-50, Sibelius adalah pahlawan nasional Finlandia yang diakui. 

Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda