5 Komposer Musik Barok yang Harus Kamu Tahu! - BLOG.FISELLA®

Kamis, 25 Januari 2024

5 Komposer Musik Barok yang Harus Kamu Tahu!


Musik klasik barat terbagi ke dalam beberapa periode. Barok merupakan salah satu periode dalam musik Barat. Periode barok terdapat pada abad 17 -18 M. Musik Barok memiliki keunikan bila dibanding dengan musik pada periode lain yakni penggunaan kontrapung dan tekstur polifoni. Kontrapung singkatnya adalah suara yang bergerak berlawanan sedangkan polifoni adalah tekstur musik dimana ada banyak suara yang dibunyikan pada satu ketukan. Musik periode barok sangat baik untuk berlatih koordinasi tangan kanan dan kiri pada piano begitu juga pada gitar. Selain itu musik barok juga baik untuk melatih interpretasi terhadap melodi untuk menentukan dinamika dan ekspresi. 

Peride barok melahirkan banyak komposer yang terkenal. Setiap komposer memiliki karya masing-masing yang hingga kini masih dimainkan. Berikut ini beberapa komposer legendaris dari periode barok. Simak artikel ini ya!

Johann Sebastian Bach

Siapa sih yang nggak kenal J.S. Bach? Bach (1685 – 1750) merupakan salah satu komposer yang terkenal bahkan hingga sekarang. Selama hidupnya, Bach menulis lebih dari 1.000 komposisi musik. Ia terkenal sebagai seorang jenius musik yang menguasai instrumen organ. Beberapa karya populer dari Bach: 'Air on a G String,' 'Double Violin Concerto,' 'Brandenburg Concerto No. 3,' 'B Minor Mass,' dan 'The Unaccompanied Cello Suites'. 

George Frideric Handel

G.F Handel, salah satu komposer berpengaruh pada zaman barok. George Frideric Handel (1685–1759) menulis oratorio yang terkenal hingga sekarang yakni Messiah. Handel juga mengkhususkan diri dalam opera dan sering mengambil kantata gaya Italia.  Karya populer Handel diantaranya '(The) Messiah,' 'Music for the Royal Fireworks,' dan 'Water Music'. 

Antonio Vivaldi

Bagi para murid violin, pasti tidak asing dengan nama Vivaldi. Selain sebagai violinis, Vivaldi juga merupakan seorang komposer. Antonio Vivaldi (1678-1741) menulis banyak sekali karya concerto selama hidupnya. Vivaldi bahkan memegang gelar Maestro de 'Concerti (direktur musik instrumental) di Wina Ospedale della Pieta. Karya Vivaldi yang terkenal diantaranya 'The Four Seasons,' 'Gloria,' 'Con Alla Rustica in G'. 

Henry Purcell 

Henry Purcell (1659-1695) merupakan komposer yang banyak berkarya di opera. Dia dianggap sebagai salah satu komposer terbesar Inggris dan komposer paling orisinal pada masanya. Salah satu karyanya yang terkenal adalah opera Dido and Aeneas. Selain itu, Purcell juga membuat karya untuk gereja, sonata, dan juga musik kamar. Beberapa karya Purcell yang terkenal adalah "Dido & Aeneas," "The Fairy Queen,"dan  "Sound the Trumpet". 

Domenico Scarlatti

Domenico Scarlatti (1685–1757) merupakan anak dari Alessandro Scarlatti, komposer barok terkenal lainnya. Scarlatti muda menulis 555 sonata harpsichord yang dikenal, lebih dari setengahnya ditulis dalam enam tahun terakhir hidupnya. Scarlatti memanfaatkan ritme tarian Italia, Portugis, dan Spanyol di banyak karyanya. Hingga saat ini, karya-karya Scarlatti masih dimainkan oleh pianis. Salah satu karya populernya adalah 'Essercizi per Gravicembalo' (Sonata untuk Harpsichord).

Kursus Musik Private Jogja

Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda