Perbedaan Gitar Klasik dan Gitar Akustik - BLOG.FISELLA®

Kamis, 15 Juni 2023

Perbedaan Gitar Klasik dan Gitar Akustik


Gitar klasik dan gitar akustik merupakan dua jenis gitar yang paling sering dimainkan oleh masyarakat. Kedua jenis gitar tersebut sama-sama tidak membutuhkan listrik. Oleh karena itu, jenis gitar tersebut sangat praktis dimainkan dan dapat dibawa kemana saja. Meskipun begitu, gitar klasik dan gitar akustik memiliki perbedaan. Gitar klasik merujuk pada gitar dengan senar nylon sedangkan gitar akustik merujuk pada gitar yang menggunakan senar steel. Selain itu, kedua gitar tersebut juga memiliki perbedaan lainnya. Berikut ini adalah perbedaan gitar klasik dan gitar akustik: 

Perbedaan warna suara merupakan hal yang paling menyolok diantara gitar klasik dan gitar akustik. Gitar klasik memiliki suara yang lebih halus dan kadang terdengar lebih sendu sedangkan gitar akustik menghasilkan suara yang lebih terang. Warna suara yang dihasilkan oleh masing-masing gitar tentu dipengaruhi jenis senar yang dipakai. Senar steel lebih tipis dari senar nylon. Oleh sebab itu, gitar akustik menghasilkan suara yang lebih terang atau kadang terkesan “cempreng” dibanding dengan gitar klasik. Senar steel yang lebih tipis biasanya menyebabkan rasa sakit yang lebih bagi seseorang yang baru saja belajar gitar. Hal ini dikarenakan jari akan mendapat tekanan lebih dari senar yang lebih tipis. Mungkin hal inilah yang menyebabkan adanya stereotipe bahwa perempuan lebih suka memainkan gitar klasik sedangkan laki-laki cenderung memainkan gitar akustik.

Gitar klasik biasanya dimainkan sembari duduk. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh cara memainkan repertoar gitar klasik dimana pemain harus duduk. Berbeda dengan gitar akustik yang dapat diberi strap sehingga dapat dimainkan dengan cara berdiri maupun duduk. 

Selain itu, gitar klasik dan gitar akustik memiliki ukuran neck yang berbeda. Gitar klasik memiliki neck yang lebih lebar dan fret yang yang lebih luas dibanding dengan gitar akustik. Hal ini menyebabkan jari-jari harus meregang ketika bermain gitar klasik. Berbeda dengan gitar akustik dimana pemain bisa saja menekan senar bass dengan ibu jari, dalam bermain gitar klasik sulit untuk ibu jari bisa menekan senar bass dengan sempurna. 

Kira-kira apa lagi perbedaan gitar klasik dan gitar akustik? Tulis di kolom komentar ya! Untuk kamu yang ingin belajar bermain gitar, jangan ragu untuk hubungi Fisella Music Course. 


Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda