Haruskah Musisi Tampil di Depan Umum? - BLOG.FISELLA®

Kamis, 08 Juni 2023

Haruskah Musisi Tampil di Depan Umum?


Suatu kali, saya pernah berbincang-bincang dengan teman SMA saya. Seperti saya, dia pun menyukai musik. Dia juga mahir beberapa alat musik. Tapi dia pernah bilang bahwa dia bermain musik untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu, meskipun dia bisa tampil, dia tidak mau. 

Bagi sebagian orang, performing mungkin  tidak terlalu penting dalam pembelajaran musik. Tapi, bagaimanapun musik termasuk seni pertunjukan. Musik memang dapat dinikmati diri sendiri, tapi juga perlu ditunjukkan ke orang lain agar orang tersebut bisa menikmatinya. Selama saya kuliah musik pun, ada beberapa program konser yang memang wajib diikuti setiap mahasiswa musik. 

Bagi saya, perform, konser, resital, atau tampil di acara sekolah atau acara lain sebetulnya penting dalam pembelajaran musik. Selain belajar teori, praktik, seseorang juga perlu melatih mental untuk berani menunjukkan kemampuan di depan umum. Hal ini bukan mustahil, bahkan untuk musisi pemula. Ada beberapa manfaat ketika seseorang berani tampil di depan umum yakni melatih mental diri sendiri, belajar menerima kritik, memacu diri untuk disiplin, lebih banyak berlatih, dan fokus pada tujuan. 

Ketika tampil di depan umum pasti ada perasaan tidak nyaman. Ada rasa gugup saat menyadari banyak pasang mata fokus menatap kita. Namun dari situlah musisi dapat belajar untuk menjadi tenang. Ketika konser mau tidak mau musisi akan belajar untuk fokus mempraktikkan apa yang sudah dilatih dan berusaha main bersih dan meminimalisir kesalahan. 

Tidak ada musisi yang tidak pernah dikritik. Bahkan profesional pun pasti pernah dikritik. Namun kritikan yang membangun apabila disikapi dengan baik maka akan bermanfaat. Sebagai seseorang yang belajar musik, jangan pernah anti dengan kritikan dan teguran karena dari situlah kita dapat berkembang. 

Ketika saya kuliah, setiap menjelang konser semua mahasiswa akan berlatih lebih keras. Bahkan saya jadi sering berlatih bersama teman-teman. Tuntutan untuk tampil di depan umum memang membuat musisi mau tidak mau harus berlatih lebih keras demi menyajikan permainan terbaik. Dalam latihan seseorang juga perlu disiplin, apalagi kalau jadwal latihan sudah disediakan. 

Ada baiknya musisi belajar untuk tampil di depan umum. Kalau sudah terbiasa maka kegiatan ini akan menyenangkan. Apalagi kalau mendapat apresiasi dari orang lain. Seseorang bisa lebih terpacu untuk belajar lagi. Selama belajar musik atau mempersiapkan konser, musisi akan membutuhkan mentor untuk memberikan saran-saran dan mendampingi latihan. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki mentor yang tepat dan siap mendukungmu. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda