Suara Tinggi = Suara Bagus, Benarkah? - BLOG.FISELLA®

Kamis, 27 April 2023

Suara Tinggi = Suara Bagus, Benarkah?

Banyak orang menganggap seorang penyanyi punya suara yang bagus apabila menjangkau nada tinggi yang kerap kali orang lain tidak bisa menjangkaunya. Hal ini bisa kita lihat di acara-acara musik. Apabila penyanyi bisa menjangkau nada tinggi, sudah pasti audiens akan bertepuk tangan, bersorak, memberikan apresiasi pada penyanyi. Namun jika penyanyi menyanyikan nada-nada rendah apresiasi yang didapatkan tidak akan sama. Tapi apakah benar ini satu-satunya parameter untuk menilai kualitas suara seseorang? Apakah seseorang yang bisa menjangkau nada rendah, lebih rendah dari nada yang bisa dijangkau orang lain berarti punya suara yang jelek? Tentu tidak.

 

Perlu kita tahu bahwa masing-masing orang memiliki jenis suara yang berbeda. Jenis-jenis suara manusia yang paling umum dibagi menjadi sopran, mezzo sopran, alto, tenor, baritone, dan bass (Baca Jenis Suara Sopran Yang Wajib Kamu Tahu! - BLOG.FISELLA dan Jenis Suara Manusia Berdasarkan Rentang Nadanya - PETER DE VRIES GUITAR). Masing-masing jenis suara memiliki jangkauan nada yang berbeda. Lagipula jangkauan nada ketika kita masih anak-anak dan ketika sudah dewasa bisa saja berubah. Begitu juga kalau seseorang menua, maka jangkauan nada pun bisa berubah. Oleh karena itu seberapa tinggi nada yang bisa dicapai tentu tidak bisa dijadikan acuan untuk menilai kualitas suara seseorang. Jangkauan nada bisa berubah dengan latihan. Penyanyi yang belum mampu menjangkau nada tinggi sangat mungkin untuk bisa ketika sudah berlatih. Begitu juga dengan penyanyi yang ingin menjangkau nada-nada rendah.

Dalam bernyanyi, ada banyak teknik yang bisa digunakan. Mulai dari teknik pernapasan, intonasi, dan sebagainya. Penguasaan teknik bernyanyi inilah yang dapat membuat seseorang memiliki suara yang berkualitas. Seorang penyanyi perlu latihan konsisten untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas suaranya. Jadi, suara tinggi bukan parameter untuk menilai apakah suara seseorang berkualitas atau tidak. 

Kalau kamu ingin berlatih menyanyi, tidak perlu malu apabila jangkauan nadamu masih sempit. Kamu bisa memperluas jangkauan nada dengan berlatih rutin dan tentunya bersama mentor yang profesional. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda