7 Tips Belajar Solfeggio untuk Pemula - BLOG.FISELLA®

Minggu, 30 April 2023

7 Tips Belajar Solfeggio untuk Pemula

7 Tips Belajar Solfeggio

Solfeggio adalah sebuah konsep musik yang digunakan untuk membantu membaca dan menyanyikan notasi. Seperti banyak hal dalam hidup, untuk menguasai solfeggio dibutuhkan waktu, kesabaran, dan latihan yang konsisten. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu belajar solfeggio dari ilmu pengetahuan empiris yang diperoleh di lingkungan akademis musik.

Mengenal dan Memahami Notasi Musik

Kamu harus mempelajari notasi musik dasar seperti not balok dan atau not angka. Memahami notasi musik dasar akan membantu kamu memahami notasi yang lebih kompleks di kemudian.

Mempelajari Interval dalam Latihan Solfeggio

Interval sangat penting dalam solfeggio karena dapat membantu kamu memahami korelasi antara nada-nada yang berbeda. Ketika kamu memahami banyak interval, kamu dapat dengan mudah mengenali pola-pola yang ada dalam musik dan mengidentifikasi nada-nada secara tepat.

Berlatih dengan Tangga Nada Mayor dan Minor

Tangga nada mayor dan minor adalah dua tangga nada dasar yang harus dikuasai dalam solfeggio. Coba latih untuk mengenali nada-nada dalam tangga nada tersebut, karena hal ini akan membantu kamu mengenali nada-nada yang digunakan dalam banyak jenis musik.

Mendengarkan Karya Musik dan Ikuti Notasinya

Coba dengarkan karya musik dengan seksama dan coba ikuti notnya dengan suara kamu sendiri. Hal ini akan membantu memperkuat pendengaran dan mengembangkan kemampuan solfeggio kamu.

Mendengarkan Frekuensi Nada Tertentu Secara Spesifik

Misalnya tentukan nada A di 440Hz dan latih setiap saat. Dengan mendengarkan frekuensi nada secara spesifik berdasar frekuensinya, kamu dapat mengenali nada tersebut sebagai guide dalam menebak nada yang lain.

Praktekan dengan Membaca Partitur

Solfeggio digunakan sebagai alat untuk membaca partitur, jadi penting bagi kamu untuk dapat membaca partitur dengan benar. Mulailah dengan membaca partitur musik sederhana dan terus tingkatkan level kesulitannya seiring dengan kemampuan.

Latih Secara konsisten

Sama halnya dengan keterampilan lainnya, solfeggio membutuhkan latihan dan kesabaran untuk dikuasai. Teruslah berlatih dan jangan menyerah meskipun terkadang sulit.

Dengan menerapkan tips-tips yang telah disebutkan di atas secara konsisten dan terus-menerus, tentu akan semakin memperkuat kemampuan solfeggio kamu dan dapat memainkan atau menyanyikan musik dengan lebih lancar lagi. Tips di atas dapat kamu lakukan dengan menggunakan bantuan instrumen piano atau keyboard karena memiliki kecenderungan pitch yang lebih akurat dibandingkan instrumen lainnya. SelamArt mencoba!

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda