Memainkan Lagu Dalam Tempo Cepat Berarti Sudah Ahli, Apa Iya? - BLOG.FISELLA®

Jumat, 05 Mei 2023

Memainkan Lagu Dalam Tempo Cepat Berarti Sudah Ahli, Apa Iya?

Ketika masih kuliah dulu, saya seringkali tidak sabar ketika harus berlatih dengan tempo lambat. Apalagi kalau latihan teknik. Latihan dengan tempo lambat memang membosankan. Sebaliknya, mendengar atau memainkan tangga nada dengan tempo cepat kedengarannya keren sekali ya. Serasa sudah menjadi pemain profesional. Tapi apakah benar kalau memainkan lagu, melodi, atau tangga nada dengan tempo cepat itu menandakan orang tersebut sudah ahli? Tentu saja tidak. 

Dosen saya selalu berpesan bahwa ketika latihan, saya harus mulai dari tempo lambat. Tidak perlu terlalu cepat yang penting bunyinya bersih. Latihan dengan tempo lambat memberikan banyak manfaat, pertama saya bisa mendengar dengan jelas melodi dan warna suara yang saya hasilkan. Kedua, saya bisa mengatur letak jari saya dengan lebih baik. Ketiga, saya bisa memastikan ritmis yang saya mainkan tepat, dan keempat saya bisa tahu dengan jelas apabila saya melakukan kesalahan. 

Bermain dengan tempo cepat sama sekali bukan patokan seorang musisi dikatakan ahli. Tempo cepat tapi berantakan juga tidak baik. Justru lebih baik ketika bisa berlatih dengan tempo lambat lebih dulu tapi memastikan permainan kita sudah benar. Setelah terbiasa memainkan repertoar dengan benar, kita bisa menaikkan tempo sedikit lebih cepat. Apabila dengan tempo yang sudah dinaikkan permainan kita sudah baik, maka naikkan lagi temponya sampai ke tempo asli lagu. 

Ketika belajar bermain musik, kita tidak boleh terburu-buru karena semuanya butuh proses. Belajar bermain musik berarti kita juga belajar mencintai proses. Kita tidak bisa memaksa untuk cepat bisa, ingin langsung bisa, ingin cepat lancar dalam bermain. Perlu kesabaran dan ketekunan ketika belajar musik. Selain itu, pilihlah seorang mentor yang tepat untuk mendampingi proses belajarmu. Mentor yang baik tidak akan memaksamu untuk cepat bisa, tapi mendukung dan memotivasimu untuk bermain musik dengan benar.  Jadi, jangan berkecil hati ketika baru bisa memainkan sebuah repertoar dalam tempo lambat, teruslah berlatih dan carilah mentor yang tepat. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda