Jenis Suara Sopran Yang Wajib Kamu Tahu! - BLOG.FISELLA®

Kamis, 09 Maret 2023

Jenis Suara Sopran Yang Wajib Kamu Tahu!

Jenis Suara Sopran Yang Wajib Kamu Tahu! Fisella Music Course Kursus Musik Murah Jogja Kursus Musik Privat Jogja

Pernahkah kamu mendengar istilah SATB? SATB merupakan singkatan dari Sopran, Alto, Tenor, dan Bass. SATB merupakan pembagian suara manusia Keempat jenis suara ini sangat mudah ditemukan dalam aransemen atau komposisi paduan suara.. Secara umum, suara manusia terbagi menjadi Sopran, Mezzo sopran, Alto, Tenor, Baritone, dan Bass. Suara wanita dibagi ke dalam Sopran, Mezzo sopran, dan Alto. Sedangkan suara laki-laki dibagi ke dalam Tenor, Baritone, dan Bass. Tapi tahukah kalian bahwa suara-suara tersebut masih dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil loh. Bagaimana ya pembagiannya? 

Pernahkah kalian mendengar tentang seorang penyanyi bernama Sumi Jo? Sumi Jo merupakan seorang soprano yang lahir di Korea. Ia merupakan pemenang penghargaan Grammy tahun 1993 untuk rekaman opera terbaik yakni karya R. Strauss: Die Frau Ohne Schatten. 

Suara sopran dikenal sebagai suara tinggi wanita. Suara sopran memiliki rentang nada C1 sampai C3 atau C4 hingga G5. Perlu diketahui bahwa suara sopran masih terbagi ke dalam beberapa kelompok yakni  sopran koloratura lirik, sopran koloratura dramatik, sopran lirik, sopran spinto, sopran dramatik, dan  heldensopran

Sopran koloratura lirik memiliki rentang nada antara C4 hingga F6. Soprano dengan jenis suara ini dapat menyanyikan melodi dengan kerumitan tinggi. Jenis suara ini tidak jauh berbeda dari sopran koloratura dramatik. Penyanyi yang terkenal dengan suara jenis ini adalah Diana Damrau. 

Sopran lirik memiliki rentang nada antara C4 hingga C6. Penyanyi dengan jenis suara ini mampu menyanyikan melodi legato dengan lebih lembut. Penyanyi yang terkenal dengan jenis suara ini adalah Anna Netrebko dari Rusia. Berbeda dengan sopran lirik, Sopran Spinto memiliki karakter suara yang lebih dramatis. Dalam opera, jenis suara ini digunakan untuk peran tragis. Rentang nada Sopran Spinto adalah C4 hingga C6. Penyanyi yang terkenal dengan jenis suara ini adalah Martina Arroyo. 

Sopran dramatik memiliki rentang nada C4 hingga C6. Biasanya jenis suara ini digunakan untuk menyanyikan lagu yang diiringi orkestra. Salah satu penyanyi dengan jenis suara ini adalah penyanyi opera dari Amerika yakni Deborah Voigt. 

Terakhir, ada Heldensopran. Jenis ini termasuk langka karena memerlukan suara yang besar dan keras. Jenis suara ini banyak digunakan dalam opera karya Richard Wagner. Heldensopran memiliki rentang nada antara F3 hingga F6. Salah satu penyanyi yang terkenal dengan suara ini adalah Kirsten Flagstad. 

Pengelompokkan suara bukam hanya terdapat pada suara sopran melainkan jenis suara lainnya seperti dalam suara alto. Untuk bisa memiliki suara sopran, seseorang perlu berlatih dengan konsisten.. Latihan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan guru yang tepat.

BIKIN & PUBLIKASIKAN LAGUMU SENDIRI

Jasa Bikin Lagu Fisella Music Production - Jasa Bikin Jingle Murah - Jasa Bikin Mars Perusahaan - Jasa Aransemen Murah


Kalian punya lagu sendiri dan ingin diaransemen dan diproduksi dengan standar industri musik? Atau bisa nyanyi tapi cuma punya ide doang dan pengen membuat musik original sendiri? Buat aja di Fisella Music Production, tempat produksi musik terbaik dan terjangkau. Kami mengerjakan berbagai proyek musik dari seluruh Indonesia. Saat ini Fisella Music Production berlokasi di Yogyakarta, tapi bagi kalian yang berada di luar kota, kalian tetap bisa rekaman di kotamu sendiri, karena kami memiliki rekanan studio rekaman di beberapa kota besar di Indonesia. Fisella Music production juga mengerjakan proyek musik seperti jingle dan juga mars perusahaan/instansi. 



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda