Nyanyi Fals, Tapi Mau Main Musik, Emangnya Bisa? - BLOG.FISELLA®

Jumat, 14 April 2023

Nyanyi Fals, Tapi Mau Main Musik, Emangnya Bisa?

Nyanyi Fals, Tapi Mau Main Musik, Emangnya Bisa?

Saya pernah mendapat pertanyaan ini dari beberapa orang. Bisa nggak sih kalau ada orang yang nyanyinya fals tapi pengen bisa main musik? Jawabannya adalah bisa. Bahkan saya sudah pernah melihat contoh konkret dari kasus ini. Kemudian bagaimana bisa seseorang tidak mampu bernyanyi dengan baik tapi ingin jago bermain musik? 

Pertama, perlu disadari lebih dulu bahwa bernyanyi dan bermain musik adalah dua hal yang berbeda meski kegiatan-kegiatan tersebut ada pada satu ranah seni yaitu musik. Untuk bisa bernyanyi dengan baik, seseorang perlu mengerti tentang teknik vokal sedangkan untuk bermain musik orang tersebut perlu memahami teknik bermain instrumennya. Seseorang yang sering fals ketika bernyanyi mungkin belum mampu menjangkau nada atau istilahnya menembak nada dengan tepat. Hal ini bisa disiasati dengan latihan tangga nada, interval, dan sebagainya. Tapi bukan berarti orang tersebut kemudian tidak bisa bermain musik. Untuk bermain instrumen seseorang perlu tahu tentang ritmis, akor, dan hal lainnya tapi sejauh ini belum ada keharusan pemain musik harus juga pandai menyanyi. Tapi apakah antara bernyanyi dan bermain musik tidak saling memengaruhi? 

Sekali lagi jawabannya bisa. Meskipun bernyanyi dan bermain musik adalah dua kegiatan yang berbeda, namun kegiatan ini sangat dekat dan seringkali tidak bisa dipisahkan. Para pemain musik bisanya dituntut untuk bisa mengiringi penyanyi. Disinilah muncul permasalahan. Dari pengamatan saya, seorang pemain musik yang fals ketika bernyanyi memang lebih sulit menentukan akor yang sesuai untuk digunakan mengiringi lagu. Bisa dibilang, kemampuan bermain musik jadi kurang maksimal. Masalah bertambah lagi ketika ada modulasi. Apalagi kalau penyanyi yang diiringi juga bukan profesional sehingga butuh bantuan dari pemain musik. 

Alangkah baiknya kalau pemain musik juga bisa bernyanyi dengan baik. Setidaknya menyanyikan nada dengan tepat, tidak fals, ya walaupun mungkin tidak seperti penyanyi profesional. Kemampuan ini akan sangat membantu terutama ketika harus mengiringi lagu. Lalu bagaimana kalau sudah terlanjur nyanyi fals? Jawabnnya adalah latihan dengan mentor berpengalaman. Dengan konsisten berlatih tentu seseorang bisa memperbaiki kekurangan termasuk dalam bernyanyi. 

Kursus Musik Private Jogja
Guru Datang Ke Rumah Murid

Kursus Musik Jogja - Kursus Gitar Jogja - Kursus Piano Jogja - Kursus FL Studio - Kursus Musik Private Jogja - Kursus Gitar Private Jogja - Kursus Piano Private Jogja - Kursus Musik Online


Halo Jogja dan sekitarnya, pengen belajar musik private dengan guru yang profesional? Yuk Join Fisella Music Course, kursus musik home service jogja dan online. Kalian bisa pilih kelas Gitar Klasik, Gitar Elektrik, Gitar Akustik Pop, Piano Klasik, Piano Pop, Music Production, dan lainnya. Kursus musik di Fisella Music Course Jogja sangat murah loh. Mulai dari Rp 375.000 per bulan kalian sudah bisa belajar dengan mentor dan materi belajar terbaik. Ayo gabung bareng 100+ murid kami lainnya. Klik disini untuk melihat semua kelas di Fisella Music Course.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda